Tanya Dokter

  • Luka pada daerah bekas jahitan dan keluar cairan kuning kental

  •  Ahmad ihwan
    Anggota
    Dok mau tanya. Luka pada jahitan penis saya yg di batang bagian bawah itu sering ngeluarin cairan kuning kental gtu kyak umbel. Dan bagian kantong kemih yg di ambil kulitnya. Apa itu prosea penyembuhan. Katanya itu protein" yg kita makan dan timbul seperti itu dan itu menjdi proses penywmbuhan. Lebih baik keluar cairan dari pada gk bisa keluar ya. Itu jahitannya kebuka soalnya dok. Tolong di jwb. Makasih dok
    Ahmad ihwan  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Ahmad, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Paskan tindakan operasi, pada lokasi sayatan akan dilakukan tindakan penjahitan -- guna merapatkan kembali jaringan seperti semula. Proses penyembuhan pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada banyak faktor seperti cara perawatan luka, kebersihan, nutrisi dan gizi, ada tidaknya kondisi medis lain, dan sebagainya. 

    Mengenai jahitan yang mengeluarkan cairan kuning kental umumnya hal tersebut tidak terjadi. Setelah paska operasi akan dilakukan kontrol kurang lebih 1 minggu setelahnya untuk menilai kondisi jahitan tersebut -- dan umumnya setelah 1 minggu jahitan sudah mulai membaik dan mengering serta tidak mengeluarkan cairan kembali. Oleh karena itu perlu keterangan waktu yang tepat -- sudah berapa lama kondisi jahitan tersebut terjadi dan berapa lama waktu paska operasi ?

    Cairan kuning kental kemungkinan dapat saja merupakan tanda adanya infeksi pada lokasi bekas jahitan, jika keluhan ini disertai dengan kemerahan, bengkak, rasa nyeri pada sekitar jahitan. Kami sarankan Anda untuk menemui dokter, agar dilakukan pemeriksaan secara langsung, sulit bagi kami mengetahui kondisi Anda jika tidak melakukan pemeriksaan secara langsung. Sementara ini yang dapat Anda lakukan :

    • Jaga kebersihan daerah bekas jahitan -- bersihkan cairan kuning yang keluar secara rutin
    • Jaga kebersihan daerah kemaluan, pastikan tidak terlalu lembab
    • Konsumsi obat yang telah diberikan dokter Anda secara rutin
    • Kontrol tepat waktu
    • Pada waktu awal paska operasi hindari terkena air (jaga tetap kering -- dan dibersihkan saat mengganti kasa)
    • Hindari menekan nekan bekas jahitan
    • Bila terdapat perburukan kondisi maka segera temui dokter

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat. Salam, se Prasetyo