Tanya Dokter

  • Nyeri pada selangkangan hingga 1 bulan pasca persalinan normal

  •  Deby Won
    Anggota

    Selamat siang dokter,

    Saya mau bertanya berkaitan dengan luka jahitan episiotomi yang saya alami pada persalinan normal saya pada tanggal 17 oktober 2016 (tepat 30 hari sekarang), sampai saat ini daerah tersebut masih terasa sakit bila duduk atau BAK atau BAB. Dan juga terasa ngilu pada tulang selangkangan saya sebelah kanan saat saya mengangkat kaki saya.

    Yang mau saya tanyakan, apakah normal saya mengalami hal tersebut padahal sudah sebulan pasca melahirkan? Dan apa penyebab ngilu pada tulang selangkangan saya? Apakah bisa sembuh dengan sendirinya atau harus saya urut?

    Mohon bantuannya dokter. Terima kasih.

    Halo Deby....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa luka jahitan paska dilakukannya episiotomi biasanya akan mengaring dalam waktu kurang lebih 2 minggu setelah prosedur dilakukan, akan tetapi jangka waktu ini dapat berbeda - beda pada setiap orang. Biasanya kondisi ini akan sembuh dengan sempurna hingga kurang lebih 4 bulan. Selama masa penyembuhan luka, maka dapat timbul gejala berupa rasa nyeri dan ngilu pada daerah organ intim dan sekitarnya. Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : jagalah selalu kebersihan organ intim dengan rajin membasuh setelah melakukan BAK dengan menggunakan air hangat, biarkan luka terpapar udara setidaknya 10 menit === 1 - 2 kali sehari, dengan cara tidur tanpa celana dalam dengan posisi tengkurap, sering - seringlah mengganti celana dalam jika sudah berkeringat ataupun terasa basah, gunakan obat pereda rasa sakit misalnya parasetamol apabila nyeri tidak tertahankan. Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk menemui Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan penanganan yang tepat dapat dilakukan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : EPISIOTOMI Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati