Tanya Dokter

  • Mengatasi luka lecet dan kaku

  • Dok, saya mau nanya,.. Bagaimana cara atasi luka lecet kering dan kaku? Terimakasih..

    Halo, Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan. Pada dasarnya luka lecet merupakan kondisi luka yang hanya terjadi pada lapisan terluar kulit. Biasanya luka lecet lebih mudah proses penyembuhannya. Terkadang kulit yang mengalami luka tidak sehalus dibanding kulit disekitar. Butuh perawatan yang tepat agar proses penyembuhan berjalan baik. Untuk mengatasi luka lecet, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

    • membersihkan luka dari kotoran yang masih menempel, dengan menggunakan air bersih yang mengalir atau dengan cairan antiseptik
    • berikan salep antibiotik, gunanya selain mencegah terjadinya infeksi juga agar luka terjaga kelembabannya
    • tutup dengan kassa steril, namun tiap hari perlu diganti
    • perlu dijaga luka tersebut agar tidak terpapar sinar matahari dalam waktu lama agar tidak terjadi hiperpigmentasi atau menimbulkan kehitaman
    Lamanya proses kesembuhan tergantung dari bagaimana wujud luka yang dialami. Selain itu, cara penanganan juga memengaruhi lama penyembuhan serta dampak yang dialami setelah proses penyembuhan. Perlu diwaspadai jika luka yang Anda alami timbul nanah, bengkak, dan terasa nyeri. Segera periksakan ke dokter terdekat agar mendapatkan perawatan luka dengan tepat. Topik terkait : perawatan luka lecet Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

    Permisi dok saya ada keluhan. Kemarin minggu saya habis kecelakaan. Di telapak kaki saya sobek hingga jahitan yang dalamnya 15 luarnya 12 jahitan, saya obati pakek salep garamycin tapi kok tambah keluar cairan kental trs itu knp ya dok? Apakah itu nanah, sebelum saya kasih salep luka saya keluar cairan yg warna.nya agak kemerahan kayk merah muda, itu juga knp ya dok?