Tanya Dokter

  • Luka lecet pada kepala penis

  •  Reno Fz.
    Anggota

    Dok, saya mau tanya. 2 minggu lalu saya melakukan hubungan sex dan sekarang di area sekitar kepala penis saya terdapat luka lecet berwarna agak merah yang kadang mengeluarkan cairan tapi tidak berbau dan tidak terasa sakit. 2 hari kebelakang juga saya sudah mencoba meminum antibiotik jenis amoxicillin, tapi luka lecet pada kepala penis belum juga hilang.

    Kira2 penis saya terinfeksi apa ya dok? Dan bagaimana pengobatan yang seharusnya dilakukan?

    Terima kasih.

    Hi, Luka pada kepala penis setelah berhubungan seks yang dan disertai dengan adanya discharge (produksi cairan/nanah) dapat menunjukkan adanya infeksi penyebab Penyakit Menular Seksual. Adapun beberapa Penyakit Menular Seksual yang menimbulkan lecet dan discharge pada kepala penis adalah sebagai berikut :

    1. Syphillis    -->  http://www.alodokter.com/sifilis/
    2. Gonorrhoe   --> http://www.alodokter.com/gonore
    3. Chancroid
    4. Herpes Simpleks  --> http://www.alodokter.com/herpes-genital/
    5. dan sebagainya.
    Penyakit Menular Seksual yang disebutkan diatas memberikan gejala klinik yang berbeda-beda namun umumnya disertai lecet dan dicharge. Penyakit tersebut masing-masing pula mempunyai jenis pengobatan terbaiknya menurut penyebabnya. Sangat disarankan agar anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan seseegera mungkin karena Penyakit tersebut dapat mengakibatkan komplikasi jika dibiarkan dan jangan sekali-kali membeli antibiotik sendiri karena dapat mengakibatkan terjadinya resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik sehingga penyakit semakin sulit diobati dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Dokter akan memeriksa dengan seksama kondisi dari luka lecet yang Anda keluhkan, dan mungkin akan melakukan pemeriksaan tambahan yang diperlukan seperti tes darah, tes cairan yang keluar dan tes urin. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasari keluhan Anda. Karena keluhan Anda merupakan salah satu gejala dari penyakit menular seksual maka pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Mengobati gejala dan penyebab hingga tuntas  dan mengobati juga pasangan Anda.
    2. Berpantang seks bebas.
    3. Gunakan kondom.
    4. Tidak melakukan seks oral / anal saat gejala masih ada.
    5. Tidak berbagi barang pribadi dan mainan seks.
    Semoga bermanfaat.     dr. Yusi  

    Reno Fz.  Abdul Cyanx Dia
    Anggota

    dok,ini saya fredi saya mau nanya luka di kepala penis saya terasa perih tapi saya udah beli obat di apotik paling 1 sampai 4 hari luka itu kering terus di belakang penis tersa gatal dan mengelurkan bau tak sedap to penyakit apa dok? dan apa obatnya  

    Reno Fz.  Joes91
    Anggota
    Kalau saya ada luka lecet tapi tidak mengeluarkan cairan seperti nanah dok,,, kira2 kenapa ya dok
    Reno Fz.  Arjun Jr.
    Anggota
    Maaf dok obat yang baik apa buat gejala kencing nanah?