Tanya Dokter

  • Lutut membesar dan keluar cairan kuning

  • Dok luka lutut saya besar dan dalam, luarnya udah kering tpi dalamnya basah terus dan ada cairan kuning, apakah itu infeksi dan bahaya? Cra spya dalamny jga kering bagaimna dok?

    Sanjaya yang baik,

    cairan kuning yang berasal dari luka bisa saja merupakan nanah. Nanah merupakan kumpulan sel darah putih dan bakteri yang mati. Adanya nanah pada suatu luka mengindikasikan sebuah proses infeksi. Kondisi ini bisa terjadi manakala luka tidak dengan baik terawat, dan higienitasnya tidak terjaga. Pada level yang cukup serius, infeksi dapat menyebar ke jaringan yang lebih dalam. Bukan tidak mungkin bila terjadi pembusukan, maka diperlukan amputasi untuk membatasi kerusakan jaringan tubuh karena pembusukan dapat menjalar hingga ke bagian tubuh yang lain.

    Solusi dari kondisi ini tentu saja mengatasi infeksinya. Cara yang dilakukan ialah cara lokal dan sistemik. Secara lokal, luka harus di"cuci" dengan menggunakan larutan saline hingga nanahnya bersih dari daerah tersebut, termasuk menjahit luka dengan memasang drainase agar apabila masih ada sisa nanah, nanahnya dapat dievakuasi melalui drainase tersebut. Secara sistemik biasanya diperlukan antibiotik untuk menghentikan infeksi tersebut. Kedua cara ini hanya bisa dilakukan apabila Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter. Lebih jauh mengenai topik ini berikut kami lampirkan artikel mengenai perawatan luka. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief