Tanya Dokter

  • Luka pada lambung

  •  keanyeaw
    Anggota

    Dok, seseorang memiliki luka pada lambungnya. Iya mengetahui itu sudah setahun yang lalu, tahun ini luka pada lambungnya semakin parah. Ia tidak ingin makan dan sering muntah, jika makan makanan yang padat tak lama akan dimuntahkan dengan sendirinya. Saat ini iya dianjurkan hanya memakan makanan yang lunak. Pertanyaan saya, seberapa parah dampak luka pada lambung untuk kelangsungan hidup si penderita dok? Apakah luka itu dapat mematikan? Apakah dapat sembuh?

    Halo,   Luka pada lambung / tukak lambung bisa mengganggu aktivitas dan keseharian dan bahkan membuat stress penderitanya. Karena tukak lambung menimbulkan gejala yang tidak nyaman seperti :

    1. Nyeri perut.
    2. Mual - muntah
    3. Rasa perih , panas di lambung
    4. Kram perut
    5. Begah
    6. dll.
    Luka pada lambung bisa berkomplikasi menjadi perdarahan, dan bahkan perforasi (lambung bocor) yang membahayakan jiwa penderitanya jika kondisi luka tidak ditangani secara baik. Untuk meredakan gejala tukak lambung, maka beberpaa cara dibawah bisa membantu dan mendukung pengobatan yang diberikan dokter yang merawat seperti :
    1. Makan porsi kecil.
    2. Hindari makanan asam, pedas, berminyak, bersantan.
    3. Hindari soda, alkohol, kopi dan teh.
    4. Hindari makanan terlalu panas.
    5. Perbanyak buah dan sayuran. Jika masih mual maka buah bisa diubah menjadi bentuk jus yang mudah dicerna dan mengurangi efek mual.
    6. Tidak mengkonsumsi sembarangan obat yang bisa memicu perburukan penyakit seperti obat penghilang nyeri, AINS, pengencer darah dll.
    7. Minum obat untuk mengurangi dan menyembuhkan luka seperti Sukralfat, omeprazol, dll.
    8. Jika terdapat indikasi adanya kuman helicobakter pylori maka penanganan dengan terapi antibiotik mungkin diperlukan. Konsultasikan dengan dokter yang merawat.
    9. Banyak minum air putih.
    10. Stop merokok.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi