Tanya Dokter

  • luka pada lambung

  • Siang dok sy dwi usia 22th. Mau tnya dok udh bbrapa hari ini sy sering mual dan pusing. Sudah 2 kali ke dokter dgn dokter yg beda kta nya gejala tipes dokter yg pertama bilang. Untuk dokter yg ke2 bilang adanya luka pd lambung. Itu yg bnar yg mana yh dok. Sebelumnya sy tdk pernah merasakan skt kepala sesakit ini di sertai muntah. Mohon penjelasannya dok.

    Halo, Pada penyakit tifoid atau tipes ditandai dengan adanya demam tinggi terutama pada malam hari. Disertai dengan rasa lemas, mual dan sakit kepala, umumnya berlangsung selama 7 hari. Untuk menegakkan diagnosa tifoid paling tidak dilakukan pemeriksaan darah dikarenakan tifoid disebabkan oleh infeksi maka akan tampak pada pemeriksaan darah. Pada perlukaan lambung dirasakan perih, mual dan sakit kepala, pada umumnya didahului oleh sakit maag. Sakit maag yang berkepanjangan menyebabkan lambung teriritasi dan akhirnya membuat lambung terluka. Untuk memastikan kondisi saat ini disarankan kontrol ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan untuk mendapatkan diagnosa yang lebih pasti, lakukan pemeriksaan darah guna mengetahui apakah terdapat infeksi (tifus) atau tidak. Berikut saya sertakan artikel tentang:

    Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.

    Dwi Permata Sari  Nenii Cumii T
    Anggota

    Selamat malam dok,saya baru kena tifus 2 minggu yang lalu. Dan sekarang saya mengalami sakit perut sebelah kanan. Apakah itu masih berhubungan dengam penyakit tifus 2 minggu yang lalu ?

    Halo Neni, Pada masa pemulihan penyakit tifoid (2-4 minggu) masih dimungkinkan terjadi nyeri pada bagian perut baik kanan maupun kiri. Hal ini umum terjadi bila tubuh dipaksa untuk bekerja cukup berat atau sudah mulai mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayuran. Beberapa tips yang dapat dilakukan selama masa pemulihan :

    • Hindari makanan berserat
    • Makan dalam porsi kecil namun sering
    • Konsumsi cukup air putih
    • Bila dirasa perlu dapat mengkonsumsi vitamin
    Disarankan untuk kontrol kembali kedokter bila keluhan dirasakan berlarut-larut. Dikarenakan ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan nyeri pada perut sebelah kanan, seperti:
    1. Radang usus buntu,
    2. Batuempedu,
    3. Hepatitis,
    4. Kista ovarium
    5. Kehamilan ektopik
    Berikut saya sertakan artikel yang membahas tentang nyeri perut kanan. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama