Tanya Dokter

  • Mengatasi luka robek pada ibu jari kaki

  • Dok kmrn saya berenang, trs di kolam nya itu ada serpihan keramik kolam yang pecah dan mengenai jempol kaki saya sampe kulit nya kebuka lumayan besar dan berdarah banyak, kira2 yg harus sy lakukan gmna ya? Apa nunggu sampe kulit dalam nya mulai heal dan kulit yg robek baru sy gunting atau apa? Sepanjang ini mshh suka berdarah dkit

    Haiii Angelica Wijaya,

    Bilamana perdarahan akibat luka tersebut cukup banyak, maka tipe luka yang Anda alami sangat mungkin merupakan luka robek, tidak lagi sebatas luka lecet. Luka robek yang terbuka menganga sebaiknya dijahit untuk memperoleh penyembuhan lebih baik dan lebih cepat. Adapula luka robek yang membentuk area yang mengelupas/berlubang (luka tersebut dapat Anda bayangkan seperti bekas kerokan sebagian daging buah alpokat) di mana dalam kasus seperti ini, menjahit secara langsung tidak terlalu tepat karena akan ada kesulitan menyatukan sisi-sisi yang harus di jahit. Pilihan untuk kasus demikian ialah graft pada luka yang cukup lebar atau pada luka minimal, hanya rawat tertutup secara rutin hingga terbentuk kulit baru.

    Bilamana luka robek yang Anda alami masih memungkinkan untuk dijahit, sebaiknya segeralah meminta pertolongan medis. Bukan hanya perawatan luka yang penting. Dokter juga biasanya akan mempertimbangkan pemberian antibiotika dan/atau antitetanus.

    Untuk penanganan awal, bersihkan luka Anda dengan mencucinya di bawah air mengalir, kemudian olesi cairan antiseptik dan tutup dengan kasa steril atau kapas yang bersih. Pastikan luka tidak bersentuhan dengan tanah atau debu kotor untuk meminimalisasi terjadinya infeksi.

    Semoga bermanfaat, terima kasih