Tanya Dokter

  • Mengatasi luka bakar tak kunjung sembuh

  •  ela sulkifli
    Anggota

    hy dok, begini dok, ibu saya mengalami setruman listrik menyebabkan beliau luka parah, dan luka nya itu sudah hampir 6 bulan. awalnya luka beliau sudah tertutup dengan munculnya daging baru namun, lama-kelamaan lukanya melepuh. tolong dok bagaimana kira-kira keadaan sebenanya ibu saya?

    Hallo Ela

    Luka bakar akibat kesetrum/terkena sengatan listrik jika kondisinya terawat dengan baik akan mengalami perbaikan dalam waktu satu hingga beberapa bulan, kecuali jika adanya kerusakan jaringan yang sudah cukup berat sehingga jaringan (daging, kulit, pembuluh darah, saraf) menjadi sulit/tidak bisa tumbuh kembali.

    Jika dalam perjalanan sudah terjadi perbaikan namun kemudian kondisi luka tersebut malah menjadi memburuk maka di curigai adanya faktor penyulit atau kondisi medis lainnya yang membuat lukanya menjadi seperti itu, adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah

    • Bagian yang luka terus menerus mengalami trauma seperti penekanan, terpentok, terjepit, dsb.
    • Bagian yang luka sering terkena/terendam air dalam waktu yang lama.
    • Kebersihan luka tidak terjaga dengan baik, sehingga timbul infeksi.
    • Adanya kondisi medis kencing manis, menyebabkan luka menjadi sulit sembuh.
    • Adanya gangguan aliran pembuluh darah, sehingga penyembuhan jaringan terganggu, bahkan malah terjadi kematian jaringan.


    Tentunya diperlukan pengkajian lebih lanjut terhadap ibunya Ela secara langsung, untuk bisa diketahui dengan pasti apa sih sebenarnya yang menyebabkan luka ibunya Ela menjadi tidak kunjung sembuh bahkan mungkin bertambah buruk. Dokter perlu melakukan wawancara medis secara dua arah, pemeriksaan fisik, dan mungkin diperlukan pemeriksaan penunjang seperti cek lab darah untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menentukan sumber penyebab dari keadaan yang ibunya Ela alami.

    Adapun saran berikut bisa dilakukan untuk mencegah perburukan keadaannya

    • Bagian yang luka sebaiknya selalu kering, kecuali tersedia larutan cuci luka steril dan kassa steril. Jika tidak tersedia sebaiknya rutin kontrol ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan perawatan luka.
    • Bagian yang luka sebaiknya tidak mengalami penekanan atau di pencet-pencet
    • Hindari pemberian obat-obatan yang berbentuk bubuk untuk di taburkan/ditempel kepada luka tersebut.


    Artikelt terkait untuk disimak Jangan Gegabah, Perhatikan Cara Menolong Korban Kesetrum Yang Benar

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold