Tanya Dokter

  • Luka yang terus melebar

  •  Amelia Khan
    Anggota

    Halo dok. Putri saya usianya 13 bulan. Seminggu yang lalu ketika saya mandikan saya menggosoknya terlalu keras dengan handuk waslap, hingga terjadi lecet, seperti kulit terkelupas, ukurannya kecil sekali. Pikir saya agar cepat kering/sembuh saya oleskan minyak jaitun, tapi beberapa jam kemudian jadi bernanah, lukanya kering tapi sekelilingnya ada gelembung berisi nanah putih pekat. Lalu saya olesi virgin cold pressed castrol oil, beberapa saat kemudian benar pecah gelembungnya menjadi luka basah. Keesokkan harinya saya kasih lagi castrol oil. Lukanya kering dan tidak bernanah lagi tapi pinggirannya, keliling lukanya itu kok merah dan basah. Makin hari korengnya makin melebar, menjadi tambah besar ukurannya, warna merah tadi itu berubah menghitam menjadi kering/koreng, tapi selalu ada pinggiran merah, dan terus seperti itu, semakin membesar ukurannya setiap hari. Apa dokter bisa menjelaskan apakah penyakit yang diderita anak saya? Tolong dok, saya bingung harus kedokter mana, dokter anak langganan sedang cuti, mau dibawa kedokter umum takut tambah parah, kalau ke dokter kulit melihat dari usia masih 13 bulan, nanti takut salah. Mohon bantuannnya. Terima kasih.

    Hai,   Pada dasarnya kelainan kulit perlu diperiksa secara langsung oleh ahli (dokter) untuk bisa dinilai apakah jenis kelainan tersebut. Mendiagnosa kelainan kulit tanpa pemeriksaan langsung akan sulit untuk dilakukan. Anda bisa memeriksakan anak Anda ke dokter umum / kulit / anak yang bisa Anda percaya agar dapat diperiksakan secara seksama. Dokter umum / dokter spesialis kulit / dokter anak akan mempu menilai dan memeriksa kondisi anak Anda, jika perlu mereka akan melakukan tes medis terkait keluhan anak Anda agar dapat dicari penyebab keluhan pada anak Anda. Melihat adanya nanah dan gelembung maka kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri dan peradangan pada luka anak Anda. Kemungkinan penyebab keluhan anak Anda adalah:

    1. Impetigo
    2. Dermatitis venenata dengan infeksi sekunder.
    3. Infeksi pseudomonas
    4. eksim kulit dengan infeksi sekunder.
    5. dll
    Dengan mengetahui penyebab keluhan anak Anda maka pengobatan bisa diberikan setepat dan secepat mungkin. Mendiamkan kondisi anak Anda dengan dasar dokter langganan Anda sedang cuti bisa memperburuk kondisi anak Anda dan menimbulkan komplikasi lain yang tidak diinginkan. Untuk tips pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan pada kulit anak Anda adalah :
    1. Hindarkan menggunakan baju yang ketat agar baju tidak mengiritasi luka anak.
    2. Hindari penggunaan castrol oil pada luka anak Anda, Anda bisa memberikan salf khusus luka yang aman untuk bayi Anda.
    3. Hindari terkena air jika luka masih dalam kondisi basah. Washlap saja punggung anak Anda.
    4. Hindari menggaruk/ melepas keropeng (krusta kehitaman) pada luka anak Anda. Biarkan ahli / dokter yang melakukannya jika perlu.
    Berikut bahasan yang bisa Anda baca yaitu Cermat memandikan bayi dan Penyakit serius pada bayi. Semoga membantu.   dr. Yusi