Tanya Dokter

  • Terapi yang tepat untuk kelumpuhan total

  •  dwikha
    Anggota
    Dok.saudara saya mengalami kecelakaan.setelah kejadian itu dia mengalami lumpuh total. Sudah dilakukan pemeriksaan MRI,hasilnya terjadi cedera pada tulang leher(C 3&4),juga terjadi pergeseran posisi pada tulang lumbar. Dari rumah sakit hanya diberi obat juga di pasang spalek di leher dan semacam stagen. Apakah bisa kembali pulih dan Kira kira terapi apa yang dapat dilakukan ya?

    Halo Dwikha,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Saya ikut prihatin dengan apa yang menimpa saudara Anda.

    Tulang belakang meliputi tulang leher sampai dengan tulang ekor. Cedera pada tulang belakang, misalnya karena kecelakaan, dapat menyebabkan cedera pada saraf tulang belakang (spinal cord injury). Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan permanen pada fungsi motorik (atau fungsi gerak), fungsi sensorik (merasakan sensasi), dan fungsi tubuh lainnya pada area di bawah bagian saraf yang cedera. Gejala yang dialami penderita bervariasi tergantung pada letak bagian yang cedera (semakin tinggi bagian yang cedera, misalnya pada leher, umumnya makin luas area yang terpengaruh) dan keparahan cedera. Keparahan cedera dapat dibagi menjadi cedera lengkap atau cedera tidak lengkap. Pada cedera lengkap, penderitanya akan kehilangan semua fungsi motorik dan sensorik pada area di bawah bagian yang ceder. Sedangkan pada cedera yang tidak lengkap, penderitanya masih memiliki sebagian fungsi tersebut.

    Sampai saat ini, belum ada pengobatan yang dapat memperbaiki kerusakan akibat cedera saraf tulang belakang. Penanganan seseorang yang mengalami cedera saraf tulang belakang pertama-tama ditujukan untuk mengurangi pergerakan tulang yang cedera agar tidak terjadi cedera lebih lanjut. Hal ini dilakukan dengan pemasangan penahan leher (cervical collar). Selain itu, untuk mengurangi kerusakan dan pembengkakan saraf tulang belakang akibat cedera ini, obat steroid dosis tinggi akan diberikan. Operasi akan dilakukan jika terdapat patahan tulang belakang yang menekan saraf tulang belakang. Yang tidak kalah pentingnya adalah rehabilitasi atau terapi fisik. Terapi fisik pada penderita ditujukan untuk menjaga kekuatan otot, mencegah kekakuan sendi, mengembangkan kembali keterampilan motorik halus, dan mempelajari cara beradaptasi untuk menyelesaikan kegiatan sehari-hari.

    Sarankan keluarga saudara Anda untuk terus berdiskusi dengan dokter yang menangani saudara Anda mengenai kondisinya. Dengan kondisinya, saudara Anda membutuhkan dukungan dari keluarga dan orang terdekat untuk proses pemulihannya. Jika proses penyembuhan terjadi, umumnya akan muncul satu minggu sampai 6 bulan setelah cedera. Namun, banyak orang hanya mengalami sedikit perubahan dalam waktu satu tahun atau bahkan lebih lama.

    Silakan Anda baca juga artikel berikut untuk menambah wawasan: Cedera saraf tulang belakang

    Semoga informasi ini membantu.

    Dr. Aloisia