Tanya Dokter

  • Apakah pengobatan TBC yang salah dapat mengakibatkan paru-paru rusak?

  • salam hormat dok. saya rizky 32 tahun, saya mantan penderita tb paru sejak tahun 2011 dengan riwayat bekas lesi parah. Agustus 2014 sesak nafas berat dirawat Di RS A cek bta negatif engga perlu pengobtan lagi cuma hasil rontgen ada cairannya. Harus disedot dikeluarin pakai selang besar Karena RS A ini tidak bisa tangani post wsd, saya juga engga tau apa itu wsd, akhirnya dirujuk ke RS B, akhirnya di RS B saya post wsd hingga normal kembali. tapi saya harus pengobatan tb lagi, selang bulan ke-6 lagi-lagi saya alami sesak berat hingga sekarang malah semakin parah. Terhitung februari-mei saya di rumah cuma 1 bulan itupun paling bertahan 2-3 hari dirawat lagi. Penyakit saya ini seperti apa? Apa pengobatan tb yang salah juga menyebabkan paru rusak parah?

    Hai Berat ringannya kerusakan TBC paru tergantung dari lamanya infeksi, daya tahan tubuh, kuman TBC. Adanya cairan pada selaput paru (efusi pleura) merupakan salah satu komplikasi dari penyakit TBC paru. WSD dilakukan untuk mengeluarkan cairan tersebut, karena cairan dalam selaput paru dapat menghambat pengembangan paru sehingga menyebabkan sesak napas dan juga berisiko terjadinya infeksi selaput paru (pleuritis). Selain cairan dikeluarkan, biasanya akan dilakukan analisa mikrobiologi dari cairan tersebut untuk menentukan kira-kira jenis dan penyebabnya. Lama dan jenis pengobatan TBC paru tergantung dari kategorinya, antara lain:

    • TBC paru baru
    • TBC paru kambuh
    • TBC paru gagal pengobatan
    • TBC paru putus berobat (drop out)
    Pengobatan TBC diperlukan pengobatan yang intesif sampai tuntas. Karena ditakutkan terjadi resistensi (kebal) antibiotik terhadap kuman TBC. TBC paru yang tidak diobati lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan jaringan paru yang semakin luas. Mengenai tuberkulosis (TBC) dapat Anda baca pada artikel dibawah ini: TUBERKULOSIS Semoga membantu ya, lekas sembuh. Terima kasih. dr.Yan william