Tanya Dokter

  • Usia kehamilan

  • .sore dok sya sdah mnikah desmber lalu skrng umur sya 21thun,awlnya sya hmil krg lbih bln mret tp sya mnglmi khguran bulan mei krna lmah kndungan,stelah di kuret sya kb pil slma 2bln stlah lpas kb ksong 2bln sya hmil kmbli dok,tp hmil yg skrng aku lupa hpht dok perkiraan skrng 6week dok kalau kita lupa hpht akn berpngruh pd usia khmilan/bgaimna dok tlong jlaskn dan bagaimna caranya agar tau usia khmilan sya dan tgl brpa sya haid??mhon pnjlasannya ya dok

    Halo,

    Usia Kehamilan tidak hanya diperkirakan berdasarkan HPHT saja. Ada beberapa metode perkiraan usia kehamilan :

    1. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) bisa digunakan untuk menghitung taksiran waktu persalinan. Setelah ditentukan taksiran waktu persalinan, Kita dapat menghitung mundur usia kehamilan berdasarkan taksiran tanggal persalinan. HPHT akurat bila digunakan oleh Ibu hamil yang siklus menstruasinya teratur dan mengingat dengan persis hari pertama menstruasinya yang terakhir.
    2. USG, dengan menilai hasil pencitraan gambar janin dan plasenta. Dokter akan mengukur ukuran kepala, panjang tulang, besar/bentuk plasenta, dan kondisi organ bayi untuk memperkirakan usia kehamilan Anda. Namun hasil taksiran usia kehamilan dengan USG, lebih akurat bila dilakukan saat trimester pertama kehamilan, dimana tubuh janin belum mendominasi rahim dan ketebalan lemak perut Ibu masih tipis.
    3. Tinggi fundus uteri/rahim (TFU), dilakukan dengan mengukur besarnya rahim dan disesuaikan dengan usia kandungan. Biasa dilakukan pada usia kehamilan lebih besar (diatas 20 minggu). Merupakan cara yang kurang akurat karena mengandalkan pemeriksaan luar secara tidak langsung.

    Perhitungan usia kehamilan berdasarkan HPHT dan TFU biasa digunakan oleh Dokter dan Bidan yang belum melakukan USG kehamilan.

    USG kehamilan biasanya dilakukan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Dokter akan menggabungkan seluruh metode pengukuran dan melakukan analisis medis untuk menentukan taksiran usia kehamilan&persalinan.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk memastikan usia kehamilan Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh, USG untuk memeriksa kondisi bayi, kondisi plasenta, letak bayi dan posisi kepala bayi.

    Sambil menunggu waktu persalinan, lakukan persiapan diri dengan hal-hal berikut :

     

    Anda dapat membaca mengenai Kesehatan Selama Masa Kehamilan dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami sampaikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.