Tanya Dokter

  • efek samping lupa minum obat pada gangguan kecemasan

  •  Masblack
    Anggota
    Slamat siang dok.saya pasien dgn gangguan cemas telah brobat ke dokter spkj.dan sudah menjalani terapi 4 bulan lebih .sy di kasih obat ssri merek serenade.dngn dosis 1×1 tidak boleh putus slama 6 bln.pértanyaannya hari ini saya lupa obat trsebut hari ini sudah sy minum/belum.sedangkan saya 2 minggu ini tidak menghitung jumlah stok obat dari dokter.dan juga saya lg berada di luar kota.mengingat obat itu tdk boleh putus konsumsi .apa yg saya harus lakukan .kalo saya minum hari ini takutnya jadi dobel dosis.mohon penjelasan
    Masblack  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Masblack,

    Sernade berisi sertraline. Sertraline adalah obat yang digunakan untuk menangani ganggual mental seperti depresi, OCD, PTSD, gangguan panik, atau fobia sosial. Sertraline adalah obat keras yang penggunaannya harus atas resep dokter dan dibawah pengawasan dokter. Pada awal penggunaan sertraline bisa timbul keinginan untuk menyakiti diri sendiri, namun hal ini akan membaik sering berjalannya waktu saat sertraline mulai efektif bekerja.

    Sertraline harus digunakan setiap hari tanpa putus atau sesuai dengan anjuran dokter yang merawat. Apabila Anda terlupa mengkonsumsi sertraline, sebaiknya Anda langsung mengkonsumsinya begitu teringat, asalkan jarak konsumsi tidak terlalu dekat dengan jadwal minum sertraline berikutnya. Anda tidak boleh menggandakan dosis pada jadwla minum selanjutnya.

    Kami sarankan agar Anda menghubungi dokter yang biasa merawat Anda, bisa lewat telpon jika punya kontaknya, terkait dengan dosis yang terlupa karena dokter yang merawat Anda lah yang lebih paham tentang kondisi Anda.

    Untuk selanjutnya, Anda bisa membuat ceklis minum obat setiap harinya. Buatlah ceklis di kertas yang ditempel di dinding kamar agar mudah diingat atau bisa juga menuliskannya di note hp atau kalender hp. Jika sudah minum obat, segera centang ceklisnya. Dengan demikian Anda tidak perlu mengingat-ingat atau menghitung sisa obat setiap hari. Akan lebih baik lagi jika obat diminum di jam yang sama setiap harinya agar lebih efektif dan meminimalisir faktor lupa.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Sertraline

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y