Tanya Dokter

  • Lupa minum obat saat pengobatan TB

  •  Dafa Bernafas
    Anggota
    Pagi dok...... saya penderita tb aktif.udah pengobatan hampir 2 bulan.tadi malem lupa gak di minum obatnya.biasanya minum obat jam 20:30 apa perlu di minum sekarang atau nunggu nanti malem/ harus berulang dari awal?? Mohon pencerahannya.....!!!

    Hai Dafa. Dalam pengobatan TB, memang amat sangat diutamakan untuk senantiasa mengonsumsi obat dengan teratur tanpa terputus. Hal ini untuk mengurangi terjadinya kekebalan kuman terhadap obat yang akan mengharuskan pencarian obat selanjutnya yang lebih sulit. Jika anda melupakan 1 dosis obat, maka tidak masalah, anda dapat melanjutkan dosis selanjutnya sesuai jadwal anda seharusnya. Namun, jika anda melewatkan lebih dari 1 dosis, maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda terutama untuk menilai kemungkinan adanya resistensi (kekebalan) terhadap obat.

    Konsultasikan dengan dokter anda untuk informasi lebih lanjut. Konsumsi obat secara teratur dan lakukan hal tersebut setiap hari jangan sampai adanya dosis yang terlupakan penting. Anda dapat mengikuti program  pengawas minum obat jika ada dimana anda akan senantiasa diingatkan dan dipastikan bahwa anda minum obat. Selain itu memperbaiki sirkulasi udara agar cahaya matahari dapat masuk, tidak membuang dahak sembarangan penting. Berikut mengenai tuberkulosis. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa