Tanya Dokter

  • Konsumsi methylprednisolon yang jika terlewat menyebabkan tubuh nyeri

  • Dok

    saya didiagnosa Lupus sekitar 2th lalu dan yg sekarang mengharuskan saya mengkonsumsi Methylpredinsolone 4mg setiap hari. kalau saya lupa minum efekmya badan saya akan sakit" sekujur tubuh sampai" di sentuh pun sakit dan tidak nisa gerak krn  sakit. sudah lama saya curiga dan baru hari ini sy cari tau, apakah saya ketergantungan Kortikosteroid? dikarenakan sebelum didiagnosa lupus, selama kurang lebih 3th saya mengkonsumsi obat penggemuk badan kianpi. kemudian saya berhenti dan sekitar 6-12 bulan barulah muncul sakit badan saya yang mengakibatkan sy cek SLE yang hasilnya positif.

    Mohon bantuannya dok... saya mulai cari tau dikarenakan saya ingin memiliki anak lagi. kehamilan sbelumnya adalah sebelum saya didiagnosa.

     

    terimakasih dokter

     

    DFR

    Halo, Denisa. Lupus adalah penyakit peradangan(inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun. Lupus merupakan penyakit Auto-imun berarti terdapat kelainan pada fungsi kekebalan tubuh yang ditandai oleh penyerangan terhadap sel-sel tubuh sendiri. Normalnya, perangkat kekebalan tubuh hanya aktif menyerang kuman dan virus yang memasuki tubuh (memerangi infeksi). Namun, pada aut0-imun yang diserang justru adalah sel-sel tubuh sendiri. Jenis obat dan dosis yang diberikan kepada satu penderita lupus tidak sama dengan penderita lupus yang lain, dan dapat berganti dari waktu ke waktu tergantung dari gejala yang dirasakan dan tingkat keparahannya. Steroid merupakan salah satu jenis obat yang diberikan pada penderita lupus. Obat ini aman dikonsumsi selama masih dalam pengawasan dokter. Sebaiknya konsultasikan kembali diri Anda kepada dokter mengenai gejala yang terjadi.

    Pada dasarnya lupus bukan penyakit keturunan sehingga tidak ada larangan bagi pengidapnya untuk hamil dan punya anak. Hanya saja perlu banyak pertimbangan, sebab kehamilan merupakan kerja fisik yang berat dan butuh daya tahan tubuh yang baik. Kehamilan pada penderita lupus memiliki risiko tinggi untuk terjadinya tekanan darah tinggi dalam kehamilan dan kelahiran premature. Untuk itu sangat penting Anda melakukan kunjungan kontrol teratur ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga dokter dapat memantau kesehatan Ibu dan janin dengan ketat. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh penderita lupus dalam mempersiapkan kehamilan adalah:

     

    • Lupus terkontrol. Kondisi tubuh yang sehat dan penyakit lupus yang terkontrol akan membantu Ibu memiliki kehamilan yang tidak bermasalah dan bayi yang sehat. Pastikan penyakit lupus sudah terkontrol selamam minimal 6 bulan sebelum merencanakan kehamilan agar tidak terjadi masalah kesehatan yang serius selama kehamilan.
    • Diskusikan dengan dokter Anda dan dokter kandungan untuk pengobatan selama kehamilan.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S