Tanya Dokter

  • lupus atau psioriasis?

  •  Fajar Fikri
    Anggota

    Dok mungkin agak aneh tapi entah kenapa kalau kulit saya kena matahari, langsung merah banget gitu kaya sisik, tapi kalau di rumah saya tidak begitu karena tidak kena matahari cuman keliatan kaya sisik-sisik gitu agak gatal dan panas sih dok. saya sudah seperti ini 3 tahun sekarang kelas 9 smp, iya sih dok pas waktu kecil saya tidak diimunisasi sama ibu saya saya takut ini penyakit kronis dok atau hanya saya biarkan saja seperti yang saya lakukan 3 tahun ini?

    Hai fajar Maaf dikarenakan informasi sangat terbatas tidak mungkin untuk memastikan apakah ini lupus ataukah psoriasis. Kalau dari gejala memang sisik disertai kemerahan memang mengarah ke penyakit psoriasis, namun psoriasis biasanya justru membaik dengan adanya paparan sinar ultraviolet dari matahari. Sedangkan untuk lupus dapat bergejala kemerahan disertai sedikit bersisik terutama memberat saat terkena matahari, lokasinya pun biasanya pada daerah yang terpapar matahari, misalnya pada wajah yang khas kemerahan berbentuk seperti kupu-kupu. Ada juga beberapa gejala lain yang mungkin ada pada penyakit lupus seperti:

    • pegal-pegal pada sendi
    • sariawan hilang timbul
    • sangat mudah lelah
    • demam tinggi, dll.
    Karena sudah berlangsung cukup lama, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang seperti cek darah, cek ANA (antinuklear antibodi), biopsi kulit, dll. Mengenai kedua penyakit ini alodokter.com punya informasi lengkapnya yang bisa kamu baca di Apa itu psoriasis? Penyakit lupus Semoga membantu ya, lekas sembuh. Terima kasih. dr.Yan william