Tanya Dokter

  • Solusi atasi lutut yang bengkok

  •  afrionda
    Anggota

    Selamat malam Dok,

    Saya mau tanya perihal tentang lutut saya sebelah kanan bengkok dikarenakan tertimpah adik saya, jadi lutut saya bengkok kearah kiri, sekarang umur saya 36 tahun kejadian umur kurang lebih 16-17 tahun, kayaknya mungkin posisi persendian lutut saya tidak pada posisi yang benar pada waktu kejadian tersebut, kira kira bisa kembali normal gak dok, di opearasi atau apa

    terimakasih sebelumnya

    Hai afrionda,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Cidera pada lutut (termasuk karena tertindih benda berat) memang bisa menyebabkan lutut menjadi bengkok. Bengkok ini mungkin diakibatkan oleh beberapa kondisi, misalnya dislokasi (pergeseran sendi), fraktura (patah tulang), malunion (abnormalitas penyatuan tulang yang patah), atau non-union (tulang yang patah gagal menyatu). Namun, semua kemungkinan di atas tentu akan menyebabkan nyeri hebat dan juga keterbatasan pergerakan yang sangat signifikan sehingga mengganggu penderitanya dalam beraktifitas, jadi tidak hanya sekedar bengkok saja.

    Maka dari itu, perlu diperjelas, selain bengkok, apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan? Apakah kaki Anda masih bisa difungsikan sebagaimana normalnya setelah cidera tersebut hingga kini?

    Di samping karena efek dari cidera yang Anda alami sebelumnya, lutut yang bengkok sebagaimana yang Anda alami mungkin juga diakibatkan oleh:

    • Rakitis (kelainan pertumbuhan tulang yang disebabkan oleh defisiensi kalsium dan vitamin D)
    • Arthritis (radang sendi), misalnya karena rheumatoid arthritis, gouty arthritis, psoriatic arthritis, osteoarthritis
    • Tumor jinak atau ganas pada tulang, dan sebagainya

    Karenanya, sebaiknya jangan dulu berandai-andai, periksakan langsung keluhan Anda ke dokter guna dilakukan penegakan diagnosis lebih lanjut. Jika perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan radiologi, seperti rontgen, CT scan, dan sebagainya guna menilai struktur lutut Anda. Penanganan selanjutnya akan diberikan sesuai dengan diagnosis penyakitnya, bisa operasi, bisa juga tidak.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda lakukan tips berikut:

    • Jangan mengurut kaki yang bengkak sebelum dinyatakan aman oleh dokter
    • Makan makanan bergizi seimbang
    • Jaga berat badan ideal (hindari kegemukan)
    • Hindari penggunaan high heels
    • Hindari aktifitas yang berisiko menyebabkan cidera lutut dan kaki

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah