Tanya Dokter

  • lutut panas

  • Hampir setiap hari sy melakukan treatmill selama 15 mnt dok,tp knp y setelah 2 mgg lutut berasa panas,apalagi klo duduk melipat berasa sekali.Klo sy berhenti treatmill selama beberapa hr,rasa panas itu hilang...aerobik jg menjadikan panas di lutut sy,bagaimana solusinya?renang sy tdk bisa...

    Hai,

    Keluhan yang dialami tersebut bisa saja akibat cedera pada sendi atau ligamen, maupun terjadinya peradangan pada sendi seperti osteoartritis. Gejala yang timbul pada tiap penderita sakit lutut dapat bervariasi, misalnya nyeri, kelenturan sendi menurun, atau kulit  sekitar lutut menjadi kemerahan dan teraba hangat.

    Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh juga dapat menyebabkan nyeri pada persendian, bengkak, dan kemerahan. 

    Cobalah untuk mengurangi berat badan jika berat badan berlebih. Sebaiknya melakukan olahraga yang tidak memberikan banyak tekanan pada lutut, seperti bersepeda, jalan kaki, atau renang.

    Kegiatan seperti melompat, atau menekuk lutut, sebaiknya dibatasi, karena kegiatan tersebut dapat menambah tekanan pada daerah lutut dan meningkatkan risiko cedera.

    Selain itu, tetap konsumsi makanan secara teratur dengan menu sehat dan seimbang, perbanyak minum air putih, dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

    Jika gejala belum membaik, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah atau sinar X. Langkah penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya.

    Halaman berikut membahas Memahami olahraga yang benar untuk penderita sakit lutut

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica