Tanya Dokter

  • Cara penyembuhan sakit lutut saat naik gunung

  •  fb-cakcoy
    Anggota

    Assalamualaikum. Dok, saya pengiat hobby naik gunung. Untuk berat badan saya 50kg.umur 32tahun.sudah berkeluarga. dengan bawaan tas carrier 80liter atau dirata2 sekitar 30kg..pada awal melakukan kegiatan tidak apa2. Selang 2jam berikutnya lutut saya sangat sakit ngak tertahankan dan gerakannya sangat minim sekali karena sakit yg luar biasa. Saya juga tidak pernah keseleo atau cidera sebelumnys.ini terjadi berulang kali tiap melakukan kegiatan naik gunung aja. Saya konsumsi vitamin sendi juga gk ada pengaruh. Pernah saya beli jamu jawa, sama penjualnya dikasi jamu rhematik dan hasilnya sedikit lutut saya lebih kuat waktu mendaki, tapi masih ada sakit. Nah yang saya pertanyakan bagaimana cara penyembuhannya. Sakit apakah saya dok. Untuk obat apa yang tepat saya konsumsi... Terima kasih dok.... Budi

    Halo, Berdasarkan kondisi yang anda alami, ada kemungkinan anda mengalami nyeri pada lutut. Masalah nyeri pada lutut dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti salah satunya adalah melakukan aktivitas fisik yang berat seperti mendaki gunung. Saat mendaki gunung semua otot tubuh bekerja lebih keras terutama otot-otot dibagian kaki yang berfungsi sebagai pijakan. Nyeri pada lutut merupakan hal yang menjadi sering terjadi karena pada saat mendaki, anda membawa beban barang yang telalu berat sehingga membuat lutut, pinggul, serta pergelangan kaki dalam keadaan tidak sejajar yang menyebabkan meningkatnya risiko terjadi nyeri pada sendi lutut. Apabila tidak diobati bisa menyebabkan sakit yang berkepanjangan dan membuat cidera pada lutut. Cidera pada lutut dapat berbahaya oleh karena itu apabila anda mulai muncul rasa sakit pada saat beraktivitas biasa, segera konsultasikan pada dokter. Dokter akan melakukan beberapa hal seperti wawancara medis terpadu, memeriksa riwayat kesehatan, memeriksa fisik langsung, dan pemeriksaan penunjang (Seperti memeriksa pergelangan lutut, sendi, dll)   Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi nyeri otot:

    • kompres bagian yang sakit dengan es batu selama 1 - 3 hari
    • lakukan pemanasan yang sesuai sebelum melakukan aktivitas fisik berat
    • istirahat yang cukup
    • pijat lembut bagian yang dirasa nyeri
    • olahraga rutin agar tubuh menjadi lebih sehat dan kuat
    • kurangi beban yang berat apabila akan melakukan pendakian
    Semoga membantu, dr. Theresia