Tanya Dokter

  • penyebab rasa sakit pada kedua lutut

  •  indrielmi
    Anggota

    Sore dok,

    Ada kalanya lutut saya terasa sangat sakit, seolah2 ada yang mencengkram kuat sekali (pada kedua lutut), biasanya saat menjelang  mandi saat kaki pertama tersiram air dingin, atau setelah jongkok terlalu lama. Tapi kemudian hilang dengan sendirinya setelah diluruskan beberapa saat, lalu digerakkan perlahan-lahan. Sakitnya hanya sekitar 1-3 menit saja. Itu pun tidak terlalu sering. Dalam sebulan pernah 1 or 2 kali, tapi kadang berbulan2 tidak pernah sakit sama sekali.

    Kira2 saya sakit apa ya dok?

    Pada tahun 2014 kaki saya pernah kaku (tidak bisa ditekuk). Hasil lab saya ANA (+), anti DS DNA (-). Apakah artinya saya autoimun (RA) dok? Apakah ada hubungannya dengan nyeri lutut yg sekarang?

    Tks

    Halo indrielmi

    Rasa sakit pada kedua lutut yang anda rasakan bisa disebabkan oleh:

     

    Rheumatoid arthritis merupakan radang persendian yang disebabkan oleh reaksi autoimun atau akibat sistem imun menyerang tubuh sendiri. Osteoarthritis adalah pengapuran yang terjadi pada persendian. Penyakit autoimun lain bisa saja menyertai terjadinya peradangan pada sendi.

    Dengan riwayat sakit pada kedua sendi dan tes ANA (+), bisa jadi itu saling berhubungan. Namun masih harus tetap dilakukan pemeriksaan langsung pada persendian anda, dan kemungkinan tes lain seperti rheumatoid factor, roentgen sendi lutut dan lainnya. Tanpa melakukan pemeriksaan langsung, hampir tidak mungkin dapat menentukan penyebab dari suatu kondisi. Ada baiknya anda kembali kontrol atau ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui kondisi anda. Tidak perlu takut untuk periksa ke dokter, semakin cepat kondisi anda diketahui, semakin cepat pula mendapatkan penanganan.

    Yang dapat anda lakukan untuk sementara:

     

    Semoga membantu