Tanya Dokter

  • nyeri ulu hati dan taxilan sukralfat

  •  Emilia Ellen
    Anggota

    dokter , hari sabtu pagi kemarin ulu hati saya nyeri sekali , jadi saya minum obat taxilan sukralfat. saya cewe umur 13th, setelah 1 hari ulu hati sudah tidak terlalu nyeri , ada mual2 dan muntah .pinggang bagian kiri kanan pun sakit . Saat kencing agak perih dan punggung kanan bawah pun ngilu dan pegal2 itu knp ya dok? apa saya maag parah?

    Emilia Ellen  Emilia Ellen
    Anggota

    tolong dijawab ya dok makasih

    Dear Emilia, Nyeri perut bagian atas bisa disebabkan beragam kondisi seperti:

    • angina (berkurangnya aliran darah ke jantung)
    • appendicitis (penyakit usus buntu)
    • cholangitis (peradangan saluran empedu)
    • cholecystitis (radang kandung empedu)
    • duodenitis (radang usus dua belas jari)
    • hepatitis
    • GERD (gastroesophageal reflux disease)
    • serangan jantung
    • obstruksi usus
    • pankreatitis
    • gastritis
    • pericarditis (radang selaput jantung)
    • dsb
    Obat yang Anda konsumsi adalah semacam selaput yang melapisi lambung agar terhindar dari paparan asam lambung pada kasus gastritis. Jika keluhan Anda membaik maka kemungkinan memang penyebabnya adalah masalah lambung. Jika keluhan masih menetap kemungkinan ada bagian organ lain yang menimbulkan rasa sakit. Keluhan lain yang muncul bisa merupakan gejala lain dari penyakit yang mendasari tersebut bisa merupakan gejala yang berdiri sendiri. Sebaiknya Anda konsultasikan keluhan Anda ke dokter dimana dokter akan menelusuri lebih detail asal muasal nyeri tersebut dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk pemeriksaan penunjang seperti EKG, pemeriksaan darah, atau foto rontgen. Semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya