Tanya Dokter

  • Sakit maag berkepanjangan dan solusinya

  •  suci anjani
    Anggota

    Hai dok saya sudah cukup lama menderita sakit maag, saya sudah makan dengan teratur tetapi maag saya tetap kambuh saya juga pernah sakit tipes seringkali tipes itu kambuh ketika maag saya kambuh, apakah itu berbahaya dok?

    Hai, Sebaiknya sakit maag Anda diberikan penanganan dengan baik, sehingga tidak sering kambuh. Miliki gaya hidup yang sehat.

    • pola makan teratur
    • batasi makanan pedas
    • batasi konsumsi kafein, alkohol, tidak merokok
    • menghindari stres
    <span style="line-height: 1.5;">Sakit maag juga dapat disebabkan oleh infeksi </span><em style="line-height: 1.5;">H. pylori<span style="line-height: 1.5;"> dan efek samping obat tertentu seperti obat antiinflamasi non steroid. </span> Obat antasida, ranitidin, dan penghambat pompa proton seperti omeprazol, lanzoprazol, dapat membantu meredakan gejala sakit maag yang timbul. Cobalah makan dengan porsi kecil dan frekuensi lebih sering. Jaga higiene makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sudah dimasak dengan matang. Cuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet. Tifus dapat disebabkan oleh makanan/ minuman yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi. Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti tes darah, atau endoskopi, dapat membantu untuk mengetahui penyebab, sehingga pengananan yang tepat segera diberikan. Anda dapat membaca lebih lanjut halaman Sakit maag.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    suci anjani  suci anjani
    Anggota

    Trimakasih dok jawaban dan sarannya sangat membantu