Tanya Dokter

  • Solusi penyembuhan penyakit maag

  •  Maharani
    Anggota
    Dok saya mau tanya saya baru keluar dari rumah sakit karena sakit maag akut dan dehidrasi sedang.. Lalu bagaimana cara menyembuhkan maag akut padahal saya sudah keluar dari rumah skit tapi kenapa masih mual, sakit sekali pada perut sebelah kiri dan masih diare.. Dan kenapa tekanan darah sya selalu tinggi yaitu 150,130 dan 120..

    Hai Maharani. Tekanan darah memang tidak selalu dalam angka yang sama setiap waktu. Aktivitas fisik, kondisi emosi, dapat mempengaruhi hal tersebut. Peningkatan tekanan darah sendiri tidak melulu merupakan penyakit, namun, jika anda paska melakukan aktivitas fisik tertentu, adanya kondisi emosi tertentu seperti marah, merasakan sakit, maka tekanan darah anda dapat naik. 

    Maag sendiri merupakan suatu kondisi pada lambung dimana ditandai dengan nyeri ulu hati atau di kiri atas, mual muntah, dan tak jarang menyebabkan diare. Kondisi ini terjadi akibat adanya kondisi iritasi pada lambung yang dapat disebabkan oleh penyakit asam lambung, stres, pemakaian obat tertentu jangka panjang seperti kortikosteroid. 

    Hal yang dapat dilakukan selain dengan obat-obatan yakni 

    1. mengatur pola makan agar teratur dan hindari makanan yang pedas, asam, dan terlalu asin 

    2. hindari alkohol, rokok, kopi, soda 

    3. setelah makan besar, berikan jeda sekitar 2-3 jam sebelum anda berbaring 

    4. kelola stres dan perbanyak konsumsi air putih 

    5. senantiasa menginformasikan ke dokter anda setiap diberi obat bahwa anda memiliki maag karena beberapa obat berpengaruh terhadap lambung 

    Berikut mengenai maag. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa