Tanya Dokter

  • Mual dan nafsu makan berkurang

  •  reygita
    Anggota
    pagi dok. saya mau bertanya, kenapa ya sering merasa mual di setiap waktu dan nafsu makan berkurang? terkadang makan suka tidak habis karena merasa kenyang lebih cepat. terkadang perut saya bagian tengah itu sakit, suka dateng tiba tiba dan hilang tiba tiba, kepala saya suka pusing dan badan lemas disertai badan hangat. waktu 3 minggu lalu saya sempat terkena maag dok hingga badan saya demam dan perut saya bagian tengah sakit sekali seperti di tusuk2, terkadang sakitnya ditengah kadang disebelah kiri tp paling sering ditengah dan sakitnya kadang hilang kadang sakit. sekalinya sakitnya itu datang, sakit bgt hingga ngebuat kaki lemas. kira kira ini kenapa ya dok?

     

    Halo reygita.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa mual disertai dengan perut bagian tengah yang sakit, memang paling sering disebabkan oleh karena penyakit yang terkait organ lambung.

    Berikut ini beberapa penyaki hari pertama naikt yang dapat menyerang organ lambung, diantaranya adalah :  gastritis === peradangan pada dinding dalam lambung, tukak peptik === luka yang terjadi di dalam lambung, penyakit asam lambung / GERD, kanker lambung.

    Akan tetapi selain penyakit - penyakit yang telah disebutkan di atas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : sindrom iritasi usus, hepatitis, gangguan pada organ empedu, peradangan pada pankreas.

    Cobalah atasi keadaan ini dengan cara :

    • Jika terasa mual dan perut timbul rasa sakit, minumlah obat khusus gangguan lambung seperti antasida cair yang dapat dibeli dengan bebas di apotik tanpa resep dokter. Pakailah sesuai dengan aturan yang tertera di kemasan.
    • Hindari mengonsumsi makanan pedas, asam, berlemak, digoreng, bersantan, berminyak.
    • Hindari minum kopi.
    • Stop merokok dan jangan minum - minuman keras.
    • Kelola stress psikologis.
    • Makan makanan yang sehat dan bergizi " tepat waktu ".
    • Minum air putih minimal 2 liter perhari.

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas, kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, USG khusus perut, endoskopi perut, dll., sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Salam,

    @dr.jati