Tanya Dokter

  • Maag kambuh pada saat cuaca dingin

  •  Fi Fa
    Anggota
    Permisi dok. Sy fifa saya ingin bertanya kenapa pada saat cuaca hujan dan dingin asam lambung saya sering kambuh yah kadang sampai terasa sesak..tapi tidak muntah2 dan sering nyerinya sampai ke bagian area perut dan tulang belakang.. Kira kira saya termasuk kategori asam lambung biasa atau kronis atau akut atau tukak lambung itu saja yang ingin saya tanyakan..trima ksih

    Halo Fi Fa, 

    Cuaca umumnya tidak mempengaruhi kekambuhan penyakit asam lambung. Tetapi jika cuaca mempengaruhi kebiasaan atau asupan makanan Anda, kemungkinan bisa mempengaruhi kekambuhannya. Untuk mengetahui progresivitas dari penyakit Anda saat ini dan juga memastikan apakah Anda menderita penyakit asam lambung atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. 

    Penyakit asam lambung atau disebut juga dengan GERD (gastroesofageal reflux disease) adalah penyakit ketika asam lambung naik ke esofagus/kerongkongan yang disebabkan otot pemisah antara esofagus dan lambung kurang berfungsi baik. Gejalanya biasanya adalah nyeri ulu hati atau terasa terbakar pada ulu hati, mual, begah, kembung, tidak nafsu makan. Meski begitu gejala serupa juga bisa ditimbulkan oleh penyakit lain misalnya dispepsia fungsional, gastritis, tukak lambung, atau penyakit lain. Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dengan pasti perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi, sulit jika hanya dari keluhan saja karena keluhannya hampir serupa.  

    Langkah terbaik saat ini adalah memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penanganan yang sesuai untuk Anda. 

    Baca juga: 

    Penyakit Asam Lambung

    Sakit Maag

    Salam, 

    dr. Mega