Tanya Dokter

  • Dampak baik dan buruk masturbasi

  •  Tania Res Tu
    Anggota

    halo dok, anak saya ketawan sering melakukan masturbasi berlebihan, setidaknya melakukan mastubasi 20 kali dalam 1 bulan, apakah ini akan berdampak buruk dok atau ini memang batas normal lelaki ? tolong informasinya.

    Tania Res Tu  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Tania Res Tu,

     

    Masturbasi adalah kegiatan untuk mencapai kepuasan seksual dengan melakukan perangsangan pada organ intim diri sendiri. Pada pria, hal ini ditandai dengan pengeluaran sperma atau ejakulasi. Masturbasi adalah hal yang normal untuk dilakukan terutama pada usia reproduksi dan dengan melakukan masturbasi dapat menghindari seseorang untuk melakukan perbuatan seks bebas yang dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual.

     

    Sampai saat ini, tidak ada batasan berapa kali seseorang melakukan masturbasi dalam satu hari ataupun satu bulan, namun, dengan melakukan masturbasi yang terlalu sering dapat menyebabkan beberapa kerugian seperti menurunnya kualitas sperma, kesulitan mencapai klimaks, gangguan pada prostat, iritasi pada penis ataupun pada orang yang muda yang gemar melakukan masturbasi dapat terjadi peningkatan risiko kanker prostat.

     

    Sebagai orang tua, anda dapat memberikan anjuran kepada anak anda untuk melakukan hobi seperti berolahraga untuk menghindari keinginan untuk melakukan masturbasi ataupun dengan hindari menyentuh ataupun memijat organ intim. Berikanlah arahan  dan pengertian bahwa masturbasi merupakan hal yang normal untuk dilakukan namun masturbasi yang berlebihan dapat menyebabkan kerugian bagi diri anak anda sehingga dengan berbicara secara terbuka dengan anak anda, dapat mengajarkan anak untuk berfikir lebih dewasa terhadap kesehatannya sendiri termasuk kesehatan reproduksi dirinya sendiri.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi