Tanya Dokter

  • mabuk berlebihan dalam perjalanan

  •  Fanny Alvany
    Anggota

    selamat malam. dok.. saya mw nanya nih... saya sering mbuk klau mlakukan perjalanan ( 2 jam ). sampai tangan dan kaki saya tidak bisa merasakan apapun? jadi, bagaimana cara mengatasinya (saya sudah melakukan semua cara tpi msih ssja mbuk.. saya mabuk dri saya kcill ampai remaja) apa ini juga berhubungan dengan asam lambung.?

    Hai, Mabuk perjalanan tidak ada hubungan dengan asam lambung. Mabuk perjalanan terjadi karena otak menerima informasi berbeda dari mata, telinga (bagian keseimbangan) dan sistem proprioseptif (sistem yang memproses informasi dari otak dan sendi tubuh tentang posisi dan gerak tubuh). misalnya saat kita membaca dalam mobil yang bergerak. Mata menginformasikan tentang apa yang dilihat dan secara bersamaan telinga (bagian keseimbangan) dan sistem proprioseptif menginformasikan tentang posisi tubuh saat itu. Informasi berbeda yang disampaikan ke otak inilah yang menyebabkan terjadi mabuk perjalanan. Penyebab lainnya adalah kurangnya ventilasi udara, rasa takut/cemas, kurang asupan makanan, konsumsi alkohol, faktor keturunan dan kehamilan Gejala dari mabuk perjalanan : mual, pucat, berekeringat dingin, pusing, sakit kepala, rasa lemah/lelah Beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan :

    1. Cukup makan dan minum sebelum melakukan perjalanan
    2. Siapkan makan dan minuman tertentu. Jauhkan makanan dan bau-bauan  yang menimbulkan rasa mual seperti makanan pedas, asam, tinggi lemak atau alkohol.
    3. Memilih tempat duduk dengan gerakan sedikit. Duduk pada bagian depan, tidak menghadap ke bagian belakang mobil. atau bagian kabin yang dekat dekat dengan pusat kapal atau bagian tengah dekat sayap jika menggunakan pesawat.
    4. Jangan membaca atau main game dalam perjalanan
    5. Jika diperlukan, Buka kaca mobil untuk mendapat udara segar
    6. Menghindari orang yang juga mabuk perjalanan. Terkadang mendengar pembicaraan tentang mabuk atau melihat orang yang mengalami mabuk perjalanan, dapat membuat anda mengalami hal yang sama
    7. Minum obat anti mabuk perjalanan 30 - 60 menit sebelum perjalanan. Salah satu efek samping penggunaan obat ini adalah ngantuk. Oleh karena itu konsultasi dengan dokter sebelum penggunaan obat ini.
    Salam, dr.Agnes Maureen