Tanya Dokter

  • Mengatasi jerawat dengan madu

  • hello doctor, saya nak tanya betul ke madu boleh dijadikan sebagai pencuci muka? saya ada masalah jerawat di dahi saya and saya nak stop dulu pakai cleanser. so can I use honey as a cleanser?

    Halo Farah, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah. Dari sejak dahulu madu dipercaya dapat mempercepat penyembuhan berbagai kondisi luka pada kulit ataupun kondisi infeksi pada kulit termasuk jerawat. Namun, penelitian secar ilmiah belum sepenuhnya menyatakan keefektifan dari penggunaan madu. Namun, kandungan antibakteri dan anti peradangan yang terdapat dari madu yang dipercaya dapat membantu dalam pengobatan jerawat. Jerawat merupakan kondisi peradangan dan infeksi kulit. Selain itu, faktor lainnya adalah adanya produksi minyak yang berlebih, tersumbatnya pori-pori kulit faktor hormon, nutrisi, adanya faktor stres. Sehingga madu bisa menjadi salah satu pilihan atau tambahan dalam pengobatan jerawat. 

    Madu dapat digunakan sebagai tambahan untuk mengurangi proses peradangan yang ada. Namun, untuk digunakan sebagai pembersih mungkin belum tepat. Karena perlu pembersih yang dapat membersihkan kulit dari debu dan sisa dari kulit mati yang menumpuk yang bisa menjadi faktor resiko terjadinya jerawat. 

    Berikut artikel yang terkait

    Menghilangkan jeraat dengan madu

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi