Tanya Dokter

  • Efek penggunaan produk pembersih kewanitaan terhadap penyakit menular seksual

  • Hallo dok, saya ingin bertanya apakah majakani (seperti majakani razie) dapat menyembuhkan STD atau tidak?

    Hai Aninn,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    IMS, atau infeksi menular seksual (STD = sexually transmitted disease) merupakan infeksi yang cara penularannya terutama terjadi akibat aktifitas seksual yang tidak aman, misalnya:

    • Bergonta-ganti pasangan seksual
    • Berhubungan seksual di luar ikatan pernikahan
    • Berhubungan seksual dengan PSK
    • Berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya
    • Berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom

    Beberapa contoh IMS yang kerap ditemukan adalah gonorrhea, sifilis, kutil kelamin, Herpes genital, chancroid, molluscum contagiosum, hingga HIV/ AIDS.

    Penggunaan produk pembersih organ kewanitaan sebagaimana yang Anda sebutkan di atas hingga kini tidak terbukti dapat mencegah apalagi menyembuhkan IMS. Pada kebanyakan kasus, justru perubahan tingkat keasaman organ intim yang disebabkan oleh penggunaan produk sejenis bisa menyebabkan ketidakseimbangan flora normal (bakteri yang normal ada di vagina). Karenanya, infeksi oportunistik (termasuk juga IMS) akan lebih mudah terjadi.

    Untuk dapat terhindari dari IMS, langkah paling bijak yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjauhi segala bentuk aktifitas seksual berisiko sebagaimana disebutkan di atas. Sedangkan untuk menyembuhkan IMS, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Karena, berbagai jenis IMS di atas memiliki jenis penanganan yang berbeda-beda, ada yang cukup dengan pemberian obat-obatan, laser, hingga operasi.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah