Tanya Dokter

  • Efek konsumsi daging ikan mentah

  •  Ayu n
    Anggota
    Dok saya habis makan sashimi tapi tidak memakai wasabi dan daun jahenya. Saya baru makan sekali ini.Apakah berbahaya? Dan bagaimana supaya yang sudah terlanjur ini tidak jadi bahaya?

    Halo

    Mengonsumsi ikan yang tidak dimasak (termasuk sashimi), atau daging lainnya yang juga tidak dimasak tentu mengandung beberapa resiko. Para peneliti telah mengonfirmasi adanya cacing pita serta mikroba (parasit, virus, dan bakteri) lainnya yang menginfeksi ikan-ikan (terutama ikan salmon) di daerah Asia Pasifik. Patogen-patogen ini dapat menyerang saluran cerna jika memang ikan tersebut dikonsumsi secara mentah, baik dengan atau tanpa wasabi.

    Infeksi dari kuman patogen tersebut tidak selalu menimbulkan gejala. Apabila Anda yang baru mengonsumsi ikan mentah lalu dalam beberapa hari muncul keluhan seperti nyeri perut dan diare maka segera ke dokter guna penanganan lebih lanjut. Anda tidak perlu khawatir karena infeksi patogen ini dapat diobati dengan sempurna, yaitu dengan pemberian antibiotik, antiparasit, atau anticacing.

    Para penggemar sashimi atau sushi mungkin perlu memikirkan alternatif lain untuk mengonsumsi ikan/daging mentah tersebut. Saat ini di Jepang sendiri sebagai negara asal muasal sashimi/sushi juga sudah membuat varian sushi/sashimi yang disajikan dengan ikan yang telah di masak. Menyimpan ikan/daging selama beberapa hari di freezer juga diketahui dapat membunuh berbagai macam parasit.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil