Tanya Dokter

  • Makan jeruk berlebihan, bahaya atau tidak?

  •  PuanSiagian
    Anggota
    Halo dok, saya setiap hari makan jeruk. Bisa sampai 10 buah bahkan lebih perhari. Beberapa hari belakangan ini badan saya terasa pegal pegal dan bagian dada saya rasanya dingin dok. Bagaimana solusinya dok? Terimakasih

    Hai,

    Dari segi nutrisi, jeruk pada dasarnya merupakan asupan buah sehari-hari yang baik untuk memberikan mikronutrisi dan serat pangan. Mikronutrisi yang dimaksud adalah vitamin dan mineral. Mengonsumsi jeruk berlebihan kemungkinan besar tidak memberikan dampak bermakna pada kesehatan, namun bisa menaruh seseorang pada risiko malnutrisi jika ia tidak mengonsumsi bahan makanan lainnya (sumber karbohidrat, protein dan lemak). Jeruk, karena terasa asam, mungkin kurang cocok untuk dikonsumsi mereka yang memiliki riwayat sakit maag.

    Gejala pegal mungkin berkaitan dengan ketegangan otot, penyerta infeksi atau cedera. Sedangkan rasa tak nyaman di dada mungkin berkaitan dengan masalah saluran cerna (mis. penyakit asam lambung), gangguan pada tulang-tulang iga, penyakit paru dan jantung. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya mengurangi mengonsumsi makanan yang pedas, asam, terlalu berminyak, kopi, soda dan alkohol. Hindari stres dan kelelahan fisik, istirahat cukup setiap harinya dan hindari makan / minum terlalu banyak karena dapat membebankan kerja lambung yang mungkin mendasari rasa tak nyaman di dada.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma