Tanya Dokter

  • Makanan untuk bayi usia 10 bulan

  • Assalamualaikum dok, dan selamat pagi. Saya ingin bertanya mengenai makanan yang di makan bayi saya yang berumur 10 Bulan. Begini dok, sejak usia nya sekitar 9 bulan. Setiap saya makan dia selalu saja mengganggu makan saya, karna ingin di suapi. Padahal dia sudah saya kasih makan dok. Terkadang saya memberikan telur goreng, ikan, nasi, tahu, tempe dll dan dia senang dok. Tapi saya tidak memberikan dalam porsi besar. Hanya sedikit-sedikit di ujung jari saya. Apakah tidak apa-apa dok. Saya takut dia alergi atau apa? Tapi, anak saya tidak menunjukkan ada nya gejala alergi. Jadi yang saya pertanyaan kan di sini, apakah anak saya yang sudah berumur 10 bulan boleh memakan makanan yang saya sehari-hari makan? Hanya dalam porsi sedikit saja? Sekitar 10 hari lagi, anak saya berumur 11 bulan. Itu saja dok, terimakasih sebelumnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Hallo Fitri, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Sebenarnya apa yang buah hati anda lakukan semata - mata karena anak ingin merasakan sensasi makan bersama dengan orang terdekatnya. Hal ini merupakan suatu fenomena yang wajar dan sering terjadi pada balita. Biasanya hal ini terjadi karena anak ingin merasakan suasana makan bersama sehingga walaupun anak sudah diberi makan, namun ketika melihat ibunya atau orang terdekatnya makan, anak kembali menghampiri dan ingin makan kembali.

    Pada dasarnya selama semua makanan yang anda berikan dan dia konsumsi tidak menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare, muntah atau sembelit, tandanya makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Namun terdapat beberapa makanan yang harus dihindari untuk bayi dibawah usia 1 tahun adalah :

    • Makanan yang berminyak karena digoreng
    • Nasi yang keras (jadi sebaiknya jika ingin memperkenalkan nasi, berikan nasi dengan konsistensi yang lunak seperti nasi tim atau nasi lembek)
    • Makanan dengan serat yang terlalu tinggi
    • Makanan dengan konsistensi yang keras

    Jika seperti yang anda lakukan, hanya diberikan seujung jari saja, dan anak tidak menunjukkan adanya gangguan pencernaan seperti yang telah dijabarkan diatas, tandanya hal tersebut aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan anak.Terus pantau kondisi kesehatan anak, jika terdapat gangguan pencernaan atau tanda alergi makanan seperti :

    • Kulit memerah
    • timbul bentol - bentol
    • gatal - gatal
    • wajah, mata atau bibir bengkak
    • sesak nafas

    Segera stop pemberian makanan, dan segera periksakan kondisi kesehatan anak ke dokter atau dokter spesialis anak. Sebaiknya tetap berikan anak makanan sesuai dengan kemampuan seusianya. Biasakan makan bersama dengan anak dengan menu masing - masing sehingga anak merasakan suasana nyaman makan bersama .

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina