Tanya Dokter

  • Apakah makanan bisa mempengaruhi tingkat stres?

  • Apakah makanan bisa mempengaruhi tingkat stres kita?

    Halo Gunadi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa stres pada umumnya merujuk pada respon tubuh terhadap sesuatu yang dapat menimbulkan kecemasan atau ketakutan, dimana hal ini ditandai dengan mekanisme tubuh untuk melepaskan hormon stres seperti Adrenalin dan kortisol.

    Kondisi stress dapat terjadi dalam waktu singkat maupun lama. Dalam waktu singkat biasanya stress mendorong seseorang untuk segera melakukan sesuatu dan menurunkan nafsu makan, namun jika kecemasan berlanjutan berlangsung dalam waktu yang lama tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang cenderung membuat kita merasa lapar.

    Saat sedang stres, kita cenderung menginginkan konsumsi makanan yang rasanya enak dan membuat ketagihan, serta mendorong untuk memakan lebih banyak, namun tentu saja hal ini bukanlah cara yang baik untuk melewati masa stress.

    Sekedar informasi untuk Anda, mengonsumsi lemak dan gula berlebihan dapat menurunkan kinerja otak saat sedang stres. Sehingga dapat menyebabkan kesulitan untuk berpikir jernih dan meningkatkan stres. Konsumsi kafein yang berlebihan pada saat stress juga akan membuat otak sulit beristirahat, ditambah dengan efek dari kafein yang dapat tersebar di dalam tubuh sehingga menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur dan menambah tingkat stres.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MENGATASI STRESS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati