Tanya Dokter

  • Makanan yang tepat untuk penderita asam urat

  • Apa saja yg harus d konsumsi bagi asam urat Dan minta resep obat dan dosis buat asam urat aman buat ibu menyusui.

    Halo Melly, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Asam urat adalah hasil metabolisme dalam tubuh yang biasanya dibuang oleh tubuh melalui urin. Asam urat yang berlebih dalam darah akan "dibuang" dalam tubuh ke dalam sendi-sendi biasanya akibat jumlah dalam darah yang sangat berlebih. Penyakit yang disebabkan karena tingginya timbunan asam urat dalam sendi disebut gout arhtritis atau rematik asam urat. Kondisi ini terjadi akibat adanya proses peradangan pada sendi- sendi terutama sendi-sendi kecil, jari- jari tangan, jari kaki terutama jempol kaki, pergelangan tangan dan sendi lainnya.

    Gejala yang dirasakan pada saat gout arhtritis yaitu:

    • Adanya rasa sakit pada persendian. Pada pasien tertentu dapat terhambat mobilitasnya akibat rasa nyeri yang dirasakan.

    • Kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang terkena.

    • Adanya rasa kaku pada persendian

    Pada kondisi normal, asam urat pada darah berbeda antara wanita dan pria. Nila normal wanita berada < 6mg/dl dan pada pria di level < 7mg/dl. Masing-masing individu memiliki level asam urat yang berbeda-beda. Tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Adapun sebagai berikut:

    • Makanan dengan kandungan purin yang tinggi contohnya kacang-kacangan, seafood, daging merah, jeroan, sayuran hijau dalam jumlah yang banyak.

    • Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

    • Adanya penggunaan obat-obat tertentu yang dapat menyebabkan produksi asam urat dalam darah, misalnya obat-obatan anti-hipertensi, obat-obatan Diabetes Mellitus (penyakit gula), kemoterapi dan aspirin.

    • Adanya pengaruh hormonal. Pada wanita yang memasuki kondisi menopause dapat memiliki level asam urat lebih tinggi dari wanita lainnya.

    • Sebagai komplikasi dari penyakit lainnya. Adanya kondisi medis seperti penyakit gagal ginjal, batu ginjal, Diabetes Mellitus (sakit gula), hipertensi, penyakit jantung dapat mempengaruhi level asam urat dalam tubuh dan berakhir sebagai penyakit komplikasi.

    Pada kasus Anda perlu dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan kadar asam urat. Apakahmemang terjadi peningkatan kadarnya dari nilai normal atau hanya merasakan gejala nyeri sendi saja. Pastikan dengan melakukan konsultasi terlbeih dahulu dan pemeriksaan oleh dokter. Alodokter tidak dapat menggantian fungsi pemeriksaan langsung oleh dokter. Adapun pengobatan dari asam urat adalah mengurangi rasa nyeri dengan menggunakan obat-obatan antinyeri yang ada di pasaran dan aman untuk ibu menyusui seperti golongan asetamonofen atau parasetamol.Selain itu ada juga jenis antinyeri ainya yaitu Colchicine namun harus disesuaikan dengan dosis karena jenis obat ini akan terkandung di dalam ASI. Untuk menurunkan kadar asam urat itu sendiri dibtuhkan resep langsung dari dokter dimana dosisnya disesuaikan dengan kadar asam urat yang sudah diperiksa.  

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi