Tanya Dokter

  • makanan untuk bayi 6 bulan

  • Selamat siang dok,maaf saya mau tanya dok,,, Bayi saya sekarang jalan 7 bulan, saya beri ia MPASI dri usia 6 bln kurang 10 hari,sekarang bayi saya makan sehari 2x, saya beri sereal seperti itu dok, tapi suatu hari seseorang memberi bayi saya makan buah anggur tanpa dihaluskan sebelumnya,hanya di potek dalamnya kecil-kecil,saya khawatir,,, apakah bayi di usia sprti itu dpt mencernanya dok,, !?? Tidak banyak hanya setengah buah anggur,bukankah bayi seusia ank saya hanya boleh makan yang lembut ya dok,,, dan berapa x dalam sehari bayi dapat diberikan makanan dok!? Sejauh ini alhamdulilah bayi saya baik-baik saja, hanya saja saya khawatir dengan ppencernaannya di dalam,karena makan makanan yg tidak lembut. Mohon penjelasannya ya dok,terimakasih

    Halo Ibu Akachieta, 

    Sebelumnya Ibu tidak perlu terlalu khawatir karena tentunya jika ada gangguan, anak Bayi dapat makan menurut kemampuannya, jadwalnya bisa disesuaikan. Awalnya dapat diberi makan satu kali, sebanyak 2 sendok makan kemudian dapat dinaikkan bertahap menjadi 4 sendok makan sebanyak 2-3 kali sehari. Dianjurkan memberikan selingan 1-2 kali sehari, bisa dengan buah-buahan atau biskuit bayi. Teksturnya sesuaikan sesuai kemampuan bayi, naikkanlah bertahap, agar bayi dapat belajar mengunyah dan mempelajari berbagai tekstur dan rasa makanan. Untuk penghitungan kalori tepatnya tentunya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. 

    Awalnya, kenalkan satu jenis makanan, misalnya bubur beras/tepung beras, kemudian Anda bisa memvariasikannya, dan jangan lupa menambahkan mikronutrien dengan menambahkan sayuran, daging, dan lain sebagainya. Tidak ada urutan khusus mengenai pengenalan protein hewani maupun nabati, tetapi sebaiknya makanan diberikan beberapa hari (tidak langsung ganti) untuk membuat bayi mempelajari rasa dan mengamati apakah ada reaksi simpang (alergi atau intoleransi) terhadap suatu jenis makanan. Kemampuan bayi makan suatu tekstur tertentu bersifat individual atau berbeda tiap anak, tugas  Ibu adalah menaikkannya bertahap mulai dari bubur saring, sedikit kasar, tim, dll. Biasanya setelah 7-8 bulan bayi dapat makan bubur lunak yang tidak disaring, 9 bulan dapat memakan tim lunak. Jika bayi kelihatan tidak mau, misal sedang tumbuh gigi atau hal lainnya, bisa memberikan makanan yang lebih lunak, variasi makanan atau dengan suhu yang lebih dingin. Memaksakan makanan yang lunak terus menerus juga tidak baik untuk pertumbuhannya.

    Masalah anggur yang tidak sengaja diberikan, sepertinya tidak menjadi masalah selama tidak ada keluhan. Tetapi sebaiknya memang dilunakkan terlebih dahulu. Buah tidak perlu dijus, berikan dengan dilunakkan, ditumbuk, dikerok, potong kecil-kecil dan sebagainya sesuai kemampuan bayi. Perlu perhatian ekstra pada buah-buahan yang licin agar tidak tersedak. Sangat tidak dianjurkan pemberian jus buah dengan tambahan air dan gula. 

    Penting untuk melakukan kontrol berat badan bayi sebulan sekali ke posyandu/fasilitas kesehatan terdekat untuk mencegah kurang gizi atau obesitas. Konsultasikan pada dokter apabila berat badan anak Anda kurang atau berlebihan (lihat pada KMS/buku kontrol anak Anda)

    Bacalah artikel MPASI untuk pengetahuan lebih mengenai MPASI.

    Salam, 

    dr. Mega