Tanya Dokter

  • Makanan untuk ibu menyusui

  •  vebriana
    Anggota
    Salam, Alodokter.. Saya ibu dari bayi umur 4 bulan. Terakhir kontrol berat badan bayi saya dibawah standar bb bayi 4 bulan pada umumnya. Yang baru saya sadari ternyata memang produksi asi saya berkurang. Setelah konsultasi ke dokter saya diberi suplemen pelancar asi. Produksi Asi saya berikutnya memang lebih banyak tetapi bayi saya bbnya tidak naik banyak (masih kurang dari standar). Jadi mungkin, asi memang banyak tetapi kandungannya tetap kurang. Pertanyaannya, makanan apa yg bisa meningkatkan kualitas asi dan seperti booster utk menaikkan bb bayi saya? Terima kasih, Dok..

    Halo ibu Vebriana,terimakasih telah berkonsultasi mengenai keluhan ibu di alodokter.
    Pada saat bayi baru lahir sampai dengan umur 6 bulan,bayi memerlukan nutrisi penuh yang dapat diperoleh dari ASI,dibanding nutrisi pada susu formula. Hanya saja banyak kendala yang dialami oleh ibu menyusui berupa keringnya ASI. Selain dipengaruhi oleh nutrisi ASI juga dapat dipengaruhi berbagai faktor lainnya seperti penggunaan KB,faktor anatomi pada lidah bayi,dll. Jika disebabkan oleh kurangnya nutrisi,maka hal paling penting yang dapat dilakukan ibu adalah mengkonsumsi nutrisi yang diperlukan untuk menambah kualitas dan kuantitas pada ASI. Beberapa contoh makanan yang diperlukan adalah:
    1. Roti gandum (berguna untuk perkembangan bayi diawal kehamilan)
    2. ikan salmon (mengandung DHA untuk perkembangan bayi)
    3. serta ibu juga dapat membantu dengan mengkonsumsi vitamin omega 3
    4. telur
    5. buah-buahan seperti jeruk,apel
    Jika ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai makanan pada ibu menyusui,ibu juga dapat berkonsultasi ke dokter gizi. Semoga bermanfaat,salam dr. Celleen