Tanya Dokter

  • makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pada penderita Rhematoid Arthritis (RA)

  •  Alive
    Anggota

    selamat pagi dok,

    persendian saya sakit sudah cukup lama, dan sakitnya sudah menjalar ke seluruh kaki, betis saya terasa tertusuk tusuk, susah jalan karena sangat nyeri. saya kira ini asam urat, namun ternyata setelah periksa sekali ke dokter, didiagnosis medis Rheumatoid Arthritis. nah dok, kira kira makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh saya konsumsi untuk lebih meringankan penyakit saya ini.

    dan juga dok, dari pemeriksaan kemarin, di laporan lab saya tertulis ANA positif. mohon bantuannya untuk penjelasan sedikit tentang ANA.

    terima kasih.

    Hallo Alive Rhematoid Arthritis (RA) adalah kondisi dimana terjadinya peradangan pada sendi dalam durasi yang lama penyebanya sendiri belum dapat dipastikan, namun diperkirakan kondisi ini di pengaruhi oleh adanya faktor-faktor dari luar (seperti merokok, trauma/cedera, infeksi) yang akhirnya mencetuskan kondisi auto-immune, sehingga tubuh Anda menggangap persendian Anda sendiri adalah sesuatu yang asing atau mengancam dan akhirnya akan diserang oleh daya tahan tubuh (immun) Anda sendiri Karena RA ini merupakan suatu penyakit auto-immun, maka tentunya ada suatu faktor yang memepngaruhi sehingga daya tahan tubuh (imun) menyerang bagian tubuhnya sendiri yang disebut auto-antibody. Jadi dengan pemeriksaan Anti Necleus Antibody (ANA) maka sebenarnya yang di cari adalah auto-antibody tersebut, Perlu diketahui pada orang normal juga terdapat auto-antibody, namun jumlahnya sangat sedikit. Disisi lain adanya peningkatan jumlah auto-antibody juga terjadi pada kondisi penyakit auto-immun lainnya, seperti SLE (lupus), Sindroma Sjorgen, Skelroderma, dan lainnya. Jadi adanya hasil positif pada pemeriksaan ANA adalah menggambarkan adanya reaksi auto-immun yang belum tentu karena RA. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa RA ini dicetuskan oleh faktor dari luar, namun pencetus tersebut tentunya tidak akan selalu menyebabakan RA pada setiap orang, hal ini karena adanya "bakat" yang telah dimiliki orang tersebut, adapun "bakat" tersebut dikatikan dengan faktor genetik, keseimbangan hormon, jenis dari penyebab infeksi, dan faktor imunitas orang tersebut. Sehingga penderita RA tidak memerlukan jenis makanana khusus yang wajib dikonsumsi, adapun jenis makanan di konsumsi sebaiknya tidak berpotensi memperburuk keadaan yang telah ada, jadi diharapkan dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan menjaga berat badan tetap ideal Semoga bermanfaat dr. Arnold