Tanya Dokter

  • Makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita batu ginjal dan maag kronis

  •  Rohaeni
    Anggota

    Selamat sore Dok,

    Ibu saya berusia 53 tahun, dan saat ini menderita penyakit batu ginjal dan maag kronis.

    Saya mau tanya, makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita batu ginjal dan maag kronis apa saja ya dok?

    Terimakasih.

    Hai Rohaeni. Kondisi adanya batu pada saluran ginjal ini perlu dikaji lebih lanjut jenis batu tersebut sehingga dapat memperkirakan makanan yang dibatasi. Misalnya jika disebabkan oleh batu kalsium, maka mengurangi makanan tinggi kalsium seperti produk susu dapat membantu. Faktor resiko dari terjadinya batu ginjal yakni adanya riwayat serupa pada keluarga atau sudah pernah mengalami ini sebelumnya, kurangnya konsumsi air putih, sering menahan berkemih. Penanganan secara spesifik sendiri tergantung jenis dan ukuran batu. Hal yang dapat membantu yakni memperbanyak konsumsi air putih, konsumsi makanan gizi seimbang seperti 4 sehat 5 sempurna, kelola stres, hindari menahan berkemih, hindari minuman beralkohol dan merokok, olahraga teratur. 

    Sedangkan sakit maag merupakan suatu kumpulan gejala seperti nyeri ulu hati, mual muntah yang disebabkan oleh iritasi lambung akibat asam lambung dimana akibat mekanisme perlindungan lambung yang menipis. Kondisi ini sering disebabkan oleh stres, pola makan tidak teratur, penggunaan obat kortikosteroid dan atau NSAID seperti ibuprofen yang berkepanjangan. Hal yang dapat membantu selain obat-obatan yakni hindari makanan berlemak, pedas, atau asam, jaga pola makan teratur, hindari kopi, alkohol, merokok, soda, kelola stres, istirahat cukup. 

    Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut. Berikut mengenai sakit maag dan batu ginjal. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa