Tanya Dokter

  • makanan yang dapat dikonsumsi untuk mempercepat luka operasi

  •  billyoktavian
    Anggota

    selamat malam dok, umur saya 17 tahun.saya habis melakukan operasi tumor pubis jinak dan sekalian dengan circumsisi. saya sudah dalam masa pemulihan selama 8 hari tetapi luka saya belum kunjung kering seutuh nya . saya juga sudah melakukan pantangan dan hanya memakan bubur menggunakan sayur tanpa menggunakan mecin garam dan daging. jadi menurut dokter saya lebih baik mengkonsumsi makanan apa ya? mohon sarannya , terima kasih.

    billyoktavian  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Billyoktavian,

    Proses penyembuhan luka operasi bisa memakan waktu sekitar 1-2 minggu, tetapi hal tersebut tentunya juga bergantung pada jenis operasi, bagian tubuh yang dioperasi, kondisi tubuh, nutrisi, dan ada tidaknya infeksi. Untuk operasi besar proses penyembuhan bisa sampai 1-3 bulan.

    Agar luka operasi cepat kering, justru Anda tidak boleh berpantang makanan, kecuali Anda punya alergi makanan ya. Justru Anda harus banyak konsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging, telur, ikan, ayam, tahu, dan tempe. Untuk sumber karbohidrat juga tidak harus selalu bubur ya, bisa saja dari nasi, kentang, pasta (kecuali memang ada diet khusus dari dokter yang merawat). Selain itu juga perbanyak sayur dan buah untuk menunjang kebutuhan vitamin harian.

    Selain dengan konsumsi makanan berprotein tinggi, Anda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Jaga agar luka tetap kering
    • Ganti perban sesuai arahan dokter yang merawat
    • Cuci tangan sebelum dan sesudah merawat luka
    • Konsumsi obat sesuai anjuran dokter
    • Kontrol rutin pada jadwal yang sudah ditentukan
    • Perhantikan tanda infeksi seperti demam, bengkak, kemerahan, berbau, dan luka bernanah. Jika terjadi tanda infeksi, segera kembali ke dokter yang merawat supaya bisa ditangani ya

    Berikut ini diskusi yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Makanan pasca operasi

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y