Tanya Dokter

  • makanan yang di larang dan obat untuk penyakit congek

  •  Noerdintz
    Anggota

    Dok, saya dari kecil punya penyakit congek.. Saya sempat di operasi waktu umur 7 tahun dan sampai sekarang umur 18 tahun masih punya penyakit congek padahal saya sudah beberapa kali berobat tapi hasil nya tetap saja.. Apa ini karena faktor makan dan minum yg di larang untuk penyakit congek.. ? Lalu makanan apa saja yg harus nya saya tidak makan karena punya penyakit congek... Dan obat nya apa? Mohon di jwab ya dok.. Terima kasih atas perhatian nya

    Hai,   Penyakit congek atau dalam istilah medis disebut juga penyakit otitis media suppuratif kronis merupakan penyakit infeksi menahun pada telinga tengah. Penyakit ini juga ditandai dengan berlubangnya gendang telinga si penderita. Penyakit ini tidak disebabkan karena faktor makanan dan minuman. Sehingga penderita tidak memiliki pantangan khusus untuk makanan mereka. Namun saat penyakit sedang kambuh maka sebaiknya hindari makanan yang dingin dan membuat alergi agar penyakit tidak bertambah buruk. Gejala yang paling sering adalah keluarnya cairan yang seperti nanah / berbau dan kental dari dalam telinga. Biasanya didului adanya sakit flu atau pilek  dan infeksi saluran nafas atas lainnya. Penyebab yang paling sering adalah masuknya cairan / sekret dari hidung ke telinga tengah saat terjadi flu / pilek. Cairan masuk melalui penghubung hidung-telinga-tenggorok yang bernama tuba eustachius dan terperangkap dalam telinga tengah hingga bisa menyebabkan  infeksi pada telinga tengah. Jika infeksi bertambah parah tanpa diobati maka penderita akan mengeluh sakit dan bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga akibat infeksi tersebut. Jika gendang telinga pecah maka cairan akan keluar melalui telinga. Permasalahannya adalah gendang telinga yang pecah sulit untuk menutup / sembuh sempurna. Pada robekan kecil dan pengobatan yang baik tanpa terjadi kumatan maka gendang telinga bisa menutup dengan sempurna. Pengobatan congek adalah dengan pemberian antibiotik oral dan tetes sehingga liang telinga kering. Saat proses penyembuhan ini pencegahan sangat berperan untuk kesembuhan dan perbaikan gendang telinga. Pencegahan yg bisa dilakukan adalah :

    1. Hindari mengorek telinga
    2. Hindari makanan yang bisa memicu flu / ISPA
    3. Jika terjadi flu segera obati sebelum infeksi menjalar ke telinga
    4. Vaksinasi flu
    5. Hindari berenang hingga gendang telinga menutup sempurna
    6. Hindari telinga dari kemasukan air saat wudhu atau mandi
    Semoga bermanfaat.     dr. Yusi

    Noerdintz  Ziya Ziyara
    Anggota
    Semua hal yang menyebabkan flue hindari sebisa mungkin, tingkann kekebalan tubuh dan jaga kesehatan, kemudian lakukan pengobatan congek dengan cara alami bisa menyembuhkan hingga kesumbernya.