Tanya Dokter

  • Solusi atasi maladaptive daydreaming

  • Selamat Siang Dok:)

    Nama Saya Lysta, umur saya 16 tahun. Dan saya adalah pengidap Maladaptive Daydreaming. Sebenarnya sudah sejak kecil saya pengidap MD, tapi saya baru mengetahuinya baru-baru ini. Waktu kecil saya suka bermain dengan imajinasi atau khayalan say sendiri, awalnya saya mengaggap itu bukanlah hal aneh mengingat usia saya saat itu yang masih kecil kelas 4SD, tapi setelah duduk di sekolah SMP, bukannya saya berhenti bermain dengan dunia fantasi tapi imajinasi yang saya ciptakan semakin liar dan tidak terkontrol. Saya sering bicara sendiri sesuai adegan yang saya ciptakan dalam dunia khayalan saya, bukan hanya itu saya bisa menangis dengan tiba2 jika adegan di dunia fantasi itu menunjukkan adegan sedih, seolah olah dunia fantasi itu benar benar terjadi dikehidupan nyata saya, dan itu bisa sampai berjam-jam. Saya tau apa yang saya lakukan adalah hal yang ANEHH, tapi mau bagaimana lagi, saya merasa saya sudah tenggelam terlalu dalam di dunia khayalan yang saya ciptakan itu. Terkadang saya merasa nyaman dengan dunia MD ini, tapi terkadang saya benar-benar jenuh karena ini benar2 mengganggu kehidupan nyata saya. Bagaimana tidak, jika seringkali mood atau perasaan saya tergantung dengan dunia fantasi menyebalkan itu, tergantung adegan apa yang terpampang di khayalan itu, jika adegan sedih, saya merasakan sedih bahkan sampai membuat saya menangis dan membuat mata saya bengak, dan begitupun sbaliknya.

    Saya masih bisa mengontrol khayalan itu jika berada ditempat umum. Saya bisa membedakan mana dunia nyata dan fantasi. Saya menciptakan dunia fantasi saya dikamar sendirian, dan itu membuat saya bergerak dengan bebas, mengeluarkan emosi sesuai adegan khayalan itu... Saya tau itu bukanlah hal yang wajar apalagi hal yang baik untuk dilakukan.

    Saya juga ingin sembuh, tapi itu artinya saya harus perang dengan diri saya sendiri, karena masih belum ada obat untuk penyakit MD. Tapi disisi lain saya masih belum rela jika harus meninggalkan dunia Fantasi itu, itu adalah tempat saya untuk menuangkan hal terpendam, hal menyedihkan, perasaan yang tak mampu saya ungkapkan kepada seseorang. yaa... dunia fantasi itu adalah pelarian saya.

    Akhir-akhir ini saya merasa takut, krna terkadang MD membuat saya  menjadi orang lain atau bukan saya sendiri. Saya semakin tidak bisa mengontrol perasaan saya. Hal yang ingin saya tanyakan adalah apakah MD dpat mengubah saya menjadi pribadi yang lain?? atau bahkan dapat membuat saya mempunyai kepribadian ganda??

    Mohon bantuanyaa, dan maaf jika apa saya ceritakan terlalu panjang...

    Terima Kasih Dok:)

    Hai Calysta. Kondisi maladaptive daydreaming merupakan suatu kondisi kejiwaan dimana adanya intensitas mimpi atau khayalan yang mengganggu kehidupan nyata. Kondisi ini sebenarnya masih belum dimasukkan sebagai salah satu diagnosis dari kejiwaan, namun, memang oleh karena mengganggu kehidupan penderita, kini mulai dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Penyebabnya sendiri belum jelas, namun kondisi ini dikaitkan dengan depresi, OCD, dan ADHD (gangguan perhatian dan hiperaktivitas). Sampai sekarang belum ada suatu penanganan yang baku dari kondisi ini. Obat seperti fluvoxamine dianggap dapat membantu serta mengikuti perkumpulan dengan orang-orang serupa untuk saling berbagi dianggap dapat membantu. 

    Konsultasikan dengan dokter spesialis kejiwaan mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi dan penanganan lebih lanjut mengingat sudah amat menganggu kehidupan sehari-hari anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa