Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak beraturan

  •  Devi Sinta
    Anggota
    Bulan oktober ini di minggu ke-1 saya haid seperti biasa darah merah, tapi pas oktober minggu ke-4 saya haid lagi tapi warnanya coklat pekat aja gak ada darah Merah, itu Normal kah ?? Saya usia 21thn, Atau Faktor saya kerja pagi-pulang malam dan mulai berhenti olahraga krn sibuk ?? Mohon Penjelasan dan Saran Dari Dokter dan Teman2 yg Pernah Mengalami, Terima Kasih Banyak

    Hai Devi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kelelahan fisik yang disebabkan oleh aktifitas pekerjaan yang padat dibarengi dengan frekuensi olahraga yang kurang memang bisa memicu ketidakseimbangan hormon-hormon yang meregulasi siklus menstruasi, di antaranya hormon estrogen, progesteron, FSH, LH, dan GnRH. Hal inilah yang mungkin menyebabkan menstruasi tidak beraturan (jaraknya terlalu dekat). Kondisi ini umumnya bersifat ringan, tidak berbahaya, dan akan membaik dengan sendirinya apabila Anda mulai mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

    Darah menstruasi memang tidak selalu berwarna merah darah. Terkadang, darah bisa juga berwarna merah gelap, cenderung kecokelatan atau kehitaman, akibat tidak langsung dikeluarkan dari tubuh dan mengalami pembekuan. Hal ini pun belum tentu merupakan suatu kelainan.

    Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

    • Imbangi aktifitas fisik yang berat dengan istirahat yang cukup 6-8 jam sehari
    • Kelola stres dan emosi Anda dengan bijaksana
    • Sempatkan berolahraga di tengah kesibukan Anda, misalnya jogging, senam lantai, yoga, renang
    • Makan secara teratur, perbanyak sayur dan buah-buahan
    • Jangan merokok dan mengkonsumsi alkohol

    Namun, apabila keluhan sangat sering berulang (lebih dari 3 siklus menstruasi berturut-turut), sebaiknya periksakan langsung diri Anda ke dokter spesialis kandungan guna penanganan lebih lanjut (misalnya USG). Dikhawatirkan, gangguan menstruasi ini terjadi karena sebab lain yang memerlukan penanganan medis khusus, misalnya endometriosis, polip rahim, mioma, penyakit radang panggul, gangguan pembekuan darah, dan sebagainya.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah