Tanya Dokter

  • penularan malaria melalui ASI

  •  meyline
    Anggota
    Pagi dok,mau tnya.. Sy ibu ASI eksklusif,saya kena malaria.. Klo bayi saya menyusui lngsg dr saya apakah bayi saya jg akan terjangkit malaria?

    Hai Meyline

    Malaria adalah infeksi parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi. Malaria umumnya hanya endemis di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia. Selain melalui gigitan nyamuk, malaria dapat ditularkan melalui transfusi darah dari seseorang yang terkena malaria, namun seluruh darah telah dilakukan pemeriksaan dahulu sebelum ditransfusikan ke orang lain. Malaria tidak ditularkan melalui ASI (air susu ibu) sehingga Anda tidak perlu khawatir dan dapat tetap menyusui. Malaria mungkin saja dapat menularkan bayi melalui gigitan nyamuk. Oleh sebab itu selain konsumsi obat antimalaria, juga perlu perhatian pencegahan penularan malaria dengan cara:

    • Menggunakan pakaian atau selimut yang bisa menutupi kulit tubuh.
    • Memasang kelambu pada tempat tidur dan di rumah.
    • Membersihkan bak mandi secara rutin agar tidak terdapat jentik nyamuk.
    • Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.

    Yang perlu diperhatikan saat pengobatan malaria adalah obat yang sesuai dengan jenis malaria, sensitifitas (mempan atau tidaknya) pada malaria di daerah tersebut, dan keamanannya terhadap menyusui.

    Berikut informasinya:

    Malaria.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william