Tanya Dokter

  • pengobatan penyakit malaria

  • Dok,nama sy rizki usia 17 thn, sy mau nanya.emangnya berapa lama sih seseorang terkena malaria ? Saya sudah 6 hari malaria masih belum sembuh,kalau obatnya sih masib ada 9 hari !!! Tpi berapa hari paling lama seseoranh terkena malaria dok ...mohon solusinya

    Halo Rizki Ramadhan, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Malaria adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Plasmodium. Plasmodium ada berbagai jenisnya, yang paling sering menginfeksi manusia adalah  Plasmodium falciparum, P. vivax, P. ovale, dan P. malariae. Setiap jenis Plasmodium ini dapat memberikan gejala demam yang berbeda-beda pada penderitanya, tingkat keparahan penyakit, lamanya penyakit, serta kemungkinan relaps (berulangnya penyakit) yang berbeda-beda juga.

    Secara umum penyakit malaria dapat disembuhkan secara total, namun kesembuhan dan kecepatan penyembuhan penyakit ini sangat ditentukan oleh jenis Plasmodium yang menginfeksi, derajat keparahan penyakit, ketepatan pengobatan, serta resistensi parasit terhadap obat yang diberikan. Pada sebagian besar orang, gejala-gejala penyakit Malaria akan menghilang dalam waktu 2 minggu setelah pengobatan diberikan. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa parasit Plasmodium vivax dan Plasmodium ovale dapat diam di dalam tubuh manusia tanpa menyebabkan gejala selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dan menimbulkan relaps sewaktu-waktu. Oleh karena itu pada kedua penyakit ini diperlukan waktu pengobatan yang lebih panjang.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia