Tanya Dokter

  • Mengatasi anak sulit makan dan pertumbuhan gigi pada anak

  • Malem dok' Dok anak q kan lagi GTM.. nah otomatis kondisinya lemas akhrnya sy kasih air degan alhmdulillah mau' smw makanan ditolak cuma air degan aja yg mau masuk. Baik ga ya dok apabila tiap hari sy kasi air degan trus/dalam jumlah banyak (1 hari 1 kelapa) untuk pengaruh perkembangan tubuhnya? terus anak q GTM akibat tumbuh gigi' yg sy tanyakan sekarang anakq umur 11m14d baru tumbuh gigi' sedangkan anak2 lain yg kebetulan sufor dri usia 5m ud pd tumbuh gigi..kebetulan ank sya full asi'ap ad pengaruh kekurangan zat/vitamin ya dok kok anak saya telat tumbuh giginya' normalkah? Terimakasih

    Halo Cholifatul,

    Terima kasih sudah bertanya kembali di alodokter.com. Air kelapa memang banyak mengandung nutrisi dan boleh diberikan pada usia bayi Anda saat ini terutama untuk mengatasi lemas akibat kesulitan makan. Namun, perlu Anda ingat bahwa bayi Anda juga memerlukan nutrisi lainnya yang tidak terkandung dalam air kelapa. Dengan demikian, Anda harus tetap mencoba cara lain agar bayi Anda kembali mau makan.

    Jika memang bayi Anda sulit makan karena tumbuh gigi, Anda dapat mencoba cara-cara yang sudah disebutkan pada jawaban pertanyaan Anda sebelumnya yaitu dengan menggunakan mainan/ teether yang dapat didinginkan terlebih dahulu untuk meredakan rasa tidak nyaman ketika gigi tumbuh. memberikan camilan sehat untuk digigit misalnya wortel rebus atau apel, memberikan minuman dingin yang bebas gula, atau mengusap gusi bayi dengan kain yang bersih. Dengan mengatasi rasa tidak nyaman karena pertumbuhan gigi, diharapkan bayi Anda kembali mau makan. Jika bayi Anda menolak makan terus dan kondisinya menjadi lemas, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. 

    Anda tidak perlu khawatir dengan pertumbuhan gigi bayi Anda. Pertumbuhan gigi pada tiap bayi berbeda-beda, ada yang lebih cepat tetapi ada juga yang lebih lambat. Begitu pula dengan tanggalnya gigi ketika sudah tumbuh besar pun berbeda-beda pada tiap anak. Faktor keturunan mempengaruhi perkembangan gigi.

    Silakan Anda baca artikel berikut: Pertumbuhan gigi

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia