Tanya Dokter

  • manfaat kb implant

  • Hallo dok mo nanya.. Kb implant bisa bikin gemuk gak? Anak udah 2 tapi badan kok tetap kurus sih? Pengen banget gemuk nih..

    Dear Shinta, KB implan merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal yang cocok untuk mereka yang ingin menunda kehamilan jangka pendek. Metode ini berupa jarum kecil seukuran batang korek api yang ditanam di bawah kulit umumnya lengan atas. Implan ini perlahan-lahan melepaskan hormon progestin yang berfungsi menunda kehamilan. Kelebihan metode ini berupa:

    • tidak nampak pada permukaan kulit
    • efektif hingga 3 tahun
    • bisa digunakan untuk ibu menyususi
    • kontrasepsi ini juga berguna untuk wanita yang tidak dapat menggunakan estrogen
    • dapat segera dilepas jika terjadi efek samping
    • dsb.
    Kekurangan metode ini adalah:
    • tidak melindungi dari penyakit menular seksual
    • bisa menimbulkan perdarahan yang tidak normal
    • pembengkakan lokal di tempat penanaman implan
    • menstruasi tidak teratur dalam satu tahun pertama
    • tidak cocok untuk penderita sirosis, diabetes, osteoporosis
    • dsb.
    Metode ini tidak menyebabkan penambahan berat badan sehingga jika Anda menginginkan penambahan berat badan lakukanlah tips berikut:
    • pilih makanan sehat yang kaya nutrisi, tetap hindari makanan yang berlemak, pilih makanan seperti: ayam tanpa kulit, tahu, tempe,
    • tambahkan cemilan seperti kurma, jagung rebus, salad sayur
    • makan lebih sering
    • minum saat makan atau setengah jam sesudah makan
    • konsumsi buah-buahan dan sayuran lebih banyak
    • tetap berolahraga untuk membentu masa otot
    Selengkapnya dapat Anda baca di: Menambah berat badan menjadi lebih realistis Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya