Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian bawah kiri terkait kebiasaan minum kopi?

  • Halo dokter yg budiman.saya 28 thn ibu 2anak,anak kedua saya baru 15bln.sebelumnya saya tdk pernh mengeluhkan ini.tp sebulan terakhir saya suka nyeri perut bgian bwh kiri,saya merasa terganggu ketika harus menggendong si kecil.apakh ini efek dr kebiasaan saya y num kopi instan dlm sehari bisa lbh dr 3 gelas,tolg d jwb,tq

    Halo,   Nyeri perut bawah kiri bisa disebabkan karena berbagai faktor yang kemungkinan tidak terkait dengan kebiasaan minum kopi Anda. Namun sangat disarankan untuk Anda tidak mengkonsumsi kopi instan sebanyak itu dalam sehari karena kopi instant memiliki kadar gula yang cukup tinggi yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung koroner dll. Beberapa penyebab nyeri perut Anda bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan usus = radang usus, konstipasi, dll
    2. Gangguan saluran kemih= infeksi, batu saluran kemih dll.
    3. gangguan organ reproduksi = kista, endometriosis, polip dll.
    4. Gangguan otot
    5. dll.
    Untuk tu pemeriksaan secara seksama perlu dilakukan untuk mengetahui kelainan dari keluhan Anda. Dokter kaan memeriksa Anda secara seksama dan melakukan tes medis terkait seperti USG, Tes darah dll. Dengan mengetahui penyebab maka pengobatan bisa diberikan dengan tepat. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan beberapa hal seperti :
    1. Mengompres hangat perut yang terasa nyeri.
    2. Banyak minum air putih.
    3. Makan sayur dan buah yang banyak.
    4. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol
    5. dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi