Tanya Dokter

  • Penularan HIV

  •  fadlan
    Anggota
    Malam dok, saya ingin Bertanya. Apabila pasangan saya melakukan manual sex (merangsang klitorisnya dengan tangan) setelah itu tangan nya manual ke penis saya seberapa besar resiko saya terjangkit hiv ya dok dengan tindakan sex seperti itu. Terima kasih
    fadlan  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Fadlan,

    Infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dapat ditularkan melalui beberapa cara seperti:

    • Hubungan seksual dengan penderita HIV, baik seks biasa, anal seks atau oral seks terutama tanpa menggunakan pengaman
    • Melalui penggunaan jarum suntik bersama terutama pada pengguna narkoba suntik yang sudah terkontaminasi virus HIV
    • Penularan melalui produk darah yang tercemar virus HIV
    • Melalui ibu kepada bayinya pada masa kehamilan, melahirkan atau menyusui

    Penularan HIV melalui seksual dapat terjadi akibat cairan tubuh yang mengandung virus HIV masuk kedalam tubuh kita, beberapa cairan yang dapat menularkan virus HIV diantaranya seperti darah, dinding anus, air susu ibu, sprema, cairan vagina termasuk darah menstruasi,HIV tidak menular melalui air liur, udara ataupun sentuhan kulit seperti bersalaman. Virus ini masuk melalui luka terbuka pada kulit, dinding tipis pada mulut dan mata, dinding tipis pada anus atau alat kelamin ataupun juga langsung ke pembuluh darah. Jika terjadi hal demikian maka memiliki risiko untuk terjangkit virus HIV.

    Pada virus HIV memang banyak melalui hubungan seksual tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan jadi tidak bisa dipastikan seberapa besar risiko tertular virus tersebut tetapi kemungkinan untuk tertular tetap ada. Untuk itu agar menghindari penularan, upakan setia pada pasangan dan hindari berganti-ganti pasangan seksual, gunakan pelindung saat berhubungan seksual, menghindari menggunakan jarum suntik secara bersama atau bergantian dan hindari menggunakan produk darah yang tercemar.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.