Tanya Dokter

  • Merencanakan kehamilan pasca kuretase

  • Mlm dok. Pasca keguguran 10hari yg lalu tanpa Kuret. Kemarin stelah tak ada lgi pendarahan yg keluar. Sya coba tspek udh negatif, trus sya berhubungan intim dngan suamii. Apakah sya bisa hamil kembali dlam wktu dekat. Meskipun blum haid kembali

    Hai,

    Kehamilan bisa terjadi apabila sel sperma bertemu dengan sel telur. Sel telur normalnya dilepaskan satu kali setiap bulannya (proses ini dinamakan ovulasi), pada saat sekitar 14 hari sebelum haid berikutnya datang. Karena ovulasi terjadi sebelum menstruasi berikutnya datang, kehamilan berpotensi terjadi bahkan sebelum menstruasi berikutnya ada. Normalnya, seseorang setelah keguguran akan kembali haid lagi dalam 1-2 bulan setelah perdarahannya sudah berhenti. 

    Setelah keguguran, kebanyakan orang ingin hamil lagi secepatnya. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun ada baiknya bahwa Anda sudah mempersiapkan diri baik secara emosional maupun secara fisik terlebih dahulu. Anjuran yang umum adalah ibu sebaiknya menunggu sekitar 2-3 kali menstruasi terlebih dahulu sebelum kembali merencanakan kehamilan. Ada juga yang menganjurkan memberikan jeda waktu hingga 6 bulan sebelum kehamilan berikutnya. Hal ini ditujukan untuk memberikan waktu agar organ kandungan sudah pulih benar, dengan demikian menurunkan risiko terjadinya keguguran berulang. Jeda waktu juga memberikan waktu bagi ibu untuk mempersiapkan kondisi emosionalnya dengan baik.

    Konsultasikanlah kembali ke Dokter / Ahli Kandungan (Sp. OG) Anda untuk mengetahui waktu yang paling optimal bagi Anda untuk merencanakan kehamilan kembali.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma